Wah..! Istana Presiden di Papua Akan Dibangun 2020


Senin, 28 Oktober 2019 - 20:49:25 WIB
Wah..! Istana Presiden di Papua Akan Dibangun 2020 Maket Istana Presiden RI di Papua (Wilpret/detikcom)

JAYAPURA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akan membangun Istana Presiden di Papua yang berlokasi di Skouw, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura. Skouw merupakan wilayah perbatasan RI dengan Papua Nugini.

Ondo api Skouw (Kepala Suku Skouw), Abisai Rollo, mengatakan pihaknya telah menyediakan tanah seluas 5 hektare untuk lokasi pembangunan Istana Presiden di Tanah Papua itu. Pembangunan ini direncanakan berlangsung pada tahun 2020.

"Sesuai dengan hasil pembicaraan kami bahwa presiden setuju akan dibangun tahun 2020," tutur Abisai seusai peresmian Jembatan Youtefa, di Jayapura, Papua, Senin (28/10/2019).
Abisai menjelaskan, Istana itu berada di perbukitan 320 meter di atas permukaan laut dengan menghadap laut. Lokasi istana sekitar 35 km dari tapal batas RI-PNG dan 1 km dari jembatan Youtefa yang baru diresmikan Presiden.

Dia menambahkan, Istana Presiden si Papua itu akan dibagi dalam 4 zona, yakni zona 1 Istana, zona 2 museum, zona 3 taman, dan zona 4 untuk zona publik, yaitu sebagai tempat rekreasi.

"Saya ingat apa yang dikatakan presiden Soekarno ' jangan tanya apa yang sudah diberikan negara kepadamu, tetapi tanyakanlah apa yang sudah kamu berikan kepada negara' itu yang saya ingat, jadi saya memberikan tanah milikku kepada negara," ujarnya.
Selain 4 zona itu, di depan istana akan dibangun sebuah tugu Monas kecil yang diharapkan apabila presiden sedang berada dalam istana itu merasa seperti berada di Istana presiden di Jakarta.

"Kami berharap agar pemerintah segera membangun Istana itu agar menjadi kebanggaan bagi masyarakat Papua," ungkapnya.(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 05:07:37 WIB

    Wah..! Visa Jemaah yang Batal Umrah Bakal Digratiskan

    Wah..! Visa Jemaah yang Batal Umrah Bakal Digratiskan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKS Iskan Qolba Lubis mengatakan pihaknya akan meminta pemerintah melobi Kedutaan Besar Arab Saudi agar menggratiskan perpanjangan visa umrah jemaah Indo.
  • Sabtu, 29 Februari 2020 - 18:20:04 WIB

    Wah..! Gara-gara Corona, Influencer 'Untung' Rp72 Miliar

    Wah..! Gara-gara Corona, Influencer 'Untung' Rp72 Miliar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - WHO telah memperingatkan agar jangan sampai ada negara yang membuat "kesalahan fatal" dengan menganggap negaranya akan terhindar dari penyebaran virus corona. Lantas apa persiapan Indonesia?.
  • Ahad, 23 Februari 2020 - 13:55:44 WIB

    Wah..! Soeharto Jadi Presiden Paling Disukai Rakyat

    Wah..! Soeharto Jadi Presiden Paling Disukai Rakyat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lembaga survei Indo Barometer menggelar diskusi 'Mencari Pemimpin Road to Capres dan Parpol 2024'. Sebelum menjelaskan mengenai Capres 2024, Indo Barometer terlebih dahulu menyampaikan kepuasan mas.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:58:26 WIB

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun?

    Wah..! PNS Dapat Rp1 Miliar Saat Pensiun? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengklarifikasi pernyataannya soal usulan dana pensiun bagi pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur si.
  • Sabtu, 15 Februari 2020 - 03:02:39 WIB

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona

    Wah..! WHO Bela China dari Kritik AS soal Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membela China yang mendapat respons kekecewaan Amerika Serikat dalam menangani wabah virus corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]