Wuih..! Lima Tahun Mangkrak, Gedung IGD RSUD Lubuksikaping Diresmikan Juga


Senin, 28 Oktober 2019 - 22:59:18 WIB
Wuih..! Lima Tahun Mangkrak, Gedung IGD RSUD Lubuksikaping Diresmikan Juga Bupati Pasaman, Yusuf Lubis bersama unsur Forkopimda, photo bersama usai meresmikan gedung baru IGD dan Unit Hemodialisa RSUD Lubuksikaping.YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis meresmikan gedung baru Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan Unit Hemodialisa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuksikaping, sekaligus, Senin (28/10). 


Peresmian gedung baru IGD ditandai dengan penandantanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis dan istri. Turut hadir, Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, Kajari Adhryansah, serta unsur Forkopimda lainnya. 


"Dengan selesainya IGD dan unit hemodialisa ini, diharapkan masyarakat Pasaman akan semakin mudah dan cepat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memuaskan," ujar bupati. 


Dikatakan, warga Pasaman yang butuh pelayanan cuci darah di Rumah Sakit, tidak lagi harus ke Padang atau Bukittinggi. Pasalnya, RSUD Lubuksikaping kini sudah dapat melayani pasien cuci darah (hemodialisa) termutakhir. 


"Dengan enam unit mesin terbaru, berikut dokter dan perawat yang terlatih warga Pasaman yang butuh pelayanan cuci darah akan semakin terlayani," katanya. 


Dijelaskan, sesuai Undang Undang No. 9 Tahun 2015 tentang pemerintahan daerah, dinyatakan bahwa salah satu urusan wajib pemerintah daerah adalah pelayanan dasar kesehatan. 
Hal inilah, kata dia, yang tengah dan terus dipacu Pemkab Pasaman, sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.


Disebutkan, tahun 2019 ini Pemkab Pasaman telah mengalokasikan anggaran Rp19,485 miliar untuk program Jamkesda, Jaminan Kesehatan Sumbar Sakato (JKSS) dan Jaminan Kesehatan Masyarakat Pasaman Saiyo (JKMP-Saiyo). 


"Dari ketiga program tersebut diharapkan akses pelayanan kesehatan masyarakat akan semakin mudah dan murah, serta dapat dirasakan langsung secara merata," ujarnya.


Yusuf Lubis berharap, RSUD Lubuksikaping tidak cepat berpuas diri dengan apa yang telah dicapai saat ini, karena masih banyak yang harus dibenahi dan diperbaiki dalam hal pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 


"Adanya keluhan, kritik dan saran dari masyarakat, harus jadi pemacu untuk terus berubah lebih baik. Yang terpenting lakukan pekerjaan dengan ikhlas, sehingga akan menjadi ibadah bagi kita," kata bupati. 


Ia juga berharap, dengan adanya gedung baru IGD dan Unit Hemodialisa ini membuat masyarakat betah, sehingga berbagai keluhan yang selama ini ada bisa berkurang. 


Direktur RSUD Lubuksikaping, dr. Yong Marzuhaili mengatakan, pembangunan gedung IGD RSUD Lubuksikaping sudah dimulai tahun 2012 lalu. Namun karena berbagai kendala, baru bisa diresmikan tahun 2019 ini.


"Lanjutan pembangunan gedung baru IGD ini menelan dana Rp1,4 miliar. Hampir lima tahun terbengkalai, karena ada kendala kala itu dengan pihak rekanan," katanya. (h/yud)


Reporter : YUDI LUBIS /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM