Gempa 6,6 M Mindanao Terasa ke Sulawesi


Selasa, 29 Oktober 2019 - 10:35:43 WIB
Gempa 6,6 M Mindanao Terasa ke Sulawesi Ilustrasi

MINANDAO, HARIANHALUAN.COM - Gemba bumi 6,6 magnitudo mengguncang Mindanao, Filipina, Selasa, 29 Oktober 2019. Guncangan gempa ini terasa sampai sejumlah daerah di Sulawesi Utara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa berkekuatan 6,6 itu terasa hingga wilayah Indonesia.

"Gempa bumi Mindanao Ini dirasakan di wilayah Indonesia seperti Tahuna, Kabupaten Sangihe dan Melonguane, Kabupaten Talaud dalam skala intensitas II-III MMI. Guncangan seperti ada truk berlalu," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam keterangannya di Jakarta.

Dia menyebut akibat gempa itu, informasi yang diterimanya sementara korban luka-luka mencapai 24 orang. Begitupun korban tewas juga satu orang.

"Dampak gempa saat itu menyebabkan setidaknya satu orang meninggal dunia dan lebih dari 24 orang terluka akibat guncangan gempa pembuka tersebut," katanya.

Daryono menambahkan, gempa bumi di Mindano ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum dikenali.

Dikutip dari lembaga Geologi AS, U.S.Geological Survey @USGted, update gempa berkekuatan 6,6 m dari sebelumnya 6,8.

Akibat gempa ini membuat kepanikan warga Filipina. Salah satunya pasien Rumah Sakit Saint Elizabeth di General Santos City yang dievakuasi karena guncangan gempa.(vva)

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]