BLK Padang Beri Pelatihan bagi Pemuda Kapa


Selasa, 29 Oktober 2019 - 11:58:34 WIB
BLK Padang Beri Pelatihan bagi Pemuda Kapa PESERTA pelatihan otomotif di Nagari Kapa foto bersama sebelum pelatihan dimulai. OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemuda penggerak bangsa, di tangan pemuda bangsa akan maju seperti apa yang tertuang di dalam sumpah pemuda yang selalu diperingati setiap tahun. Berdasarkan hal tersebut, sebanyak 16 pemuda Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat diberikan pelatihan otomotif sepeda motor oleh Balai Latihan Kerja Padang.

Pelatihan di balai pertemuan Padang Lawas Nagari Kapa pada Selasa (29/10). Pemuda usia produktif dari 18-22 tahun tersebut pada umumnya tidak memiliki kegiatan rutin setiap hari. Pelatihanpun diberikan selama 40 hari dan peserta hanya diberikan pelatihan pada siang hari.

"Dengan adanya pelatihan ini kita harapkan kepada pemuda agar memanfaatkan masa muda untuk hal yang positif. Jika putus sekolah bukan berarti tidak memiliki masa depan. Pelatihan yang diberikan merupakan salah satu harapan untuk memperoleh masa depan yang lebih baik,"papar Walinagari Kapa Yulizar SH melalui Kepala Seksi Pemerintah Ramlan.

Ia menambahkan, pemuda di wilayah tersebut patut bersyukur. Pasalnya, hanya pemuda Nagari Kapa yang diberikan pelatihan oleh Pemda Pasbar yang bekerja sama dengan BLK Padang.

"Untuk itu, kita patut bersyukur karena saat ini sangat dibutuhkan kemampuan atau skill untuk menyongsong era modern, dan persaingan kerja," papar Ramlan.

Karena pelatihan diberikan selama 40 hari harus dibarengi dengan kesungguhan peserta. Sehingga ilmu otomotif tersebut berjalan dengan apa yang diharapkan.

 

"Pelatihan agar diikuti dengan sungguh-sungguh oleh peserta. Karena dipilihnya Nagari Kapa ini bukan tanpa alasan. Jangan saudara buang kesempatan ini," pesan Ramlan.

Tidak hanya itu saja, lanjut Ramlan pelatihan ini harus memiliki hasil yang jelas bagi pemuda. Pelatihan itu juga harus bisa membuat peserta dapat berdikari dan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

"Kegiatan ini sangat membantu sehingga dapat mengurangi pengangguran yang ada. Sebab kami melihat di Nagari Kapa banyak pemuda-pemuda yang baru tamat sekolah lanjutan atas. Disamping itu, pemuda bisa terhindar dari pengaruh narkoba yang kian mengkwatirkan," tandas Ramlan. (h/ows)

Reporter : osniwati /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 00:46:15 WIB

    40 Personil Polda Sumbar Ikuti Pelatihan di BLK Padang

    40 Personil Polda Sumbar Ikuti Pelatihan di BLK Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polda Sumbar yang terdiri dari 40 personil mengikuti pelatihan membuat masker, peti mati dan memasak di Balai Latihan Kerja (BLK) Padang..
  • Sabtu, 04 April 2020 - 00:05:20 WIB

    Atasi Kelangkaan Masker, Gubernur Sumbar Instruksikan BLK Produksi Masker

    Atasi Kelangkaan Masker, Gubernur Sumbar Instruksikan BLK Produksi Masker PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM -- Atasi kelangkaan masker di pasaran, semenjak adanya wabah virus corona (Covid-19) masuk ke Indonesia. Membuat Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja Sumbar memproduksi masker sendiri .
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:17:54 WIB

    BLK Sawahlunto Gelar Pelatihan Otomotif

    BLK Sawahlunto Gelar Pelatihan Otomotif SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Balai Latihan Kerja (BLK) melakukan paket pelatihan otomotif dan meubel. Pelatihan ini sekaligus pemakaian perdana lokasi BLK baru, yakni Kampus Lapangan milik.
  • Kamis, 15 Agustus 2019 - 14:21:53 WIB

    BLK Padang dan BP3TKI Buka Kesempatan Kerja ke Jepang

    BLK Padang dan BP3TKI Buka Kesempatan Kerja ke Jepang PADANG, HALUAN--Balai Layanan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Padang bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Padang membuka kesempatan kerja ke Jepang bagi warga Sumatera Barat. .
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 14:08:37 WIB

    Latih Mantan Pecandu Narkoba, BLK Padang Terima Penghargaan dari BNN Sumbar

    Latih Mantan Pecandu Narkoba, BLK Padang Terima Penghargaan dari BNN Sumbar PADANG, HARIANHALUAN.COM--Balai Latihan Kerja ( BLK) Padang mendapat Penghargaan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Barat dalam rangka mendukung program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Pered.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: r[email protected]