Ratusan Demonstran Geruduk Konferensi Pertambangan Internasional


Selasa, 29 Oktober 2019 - 13:20:57 WIB
Ratusan Demonstran Geruduk Konferensi Pertambangan Internasional Demonstran menghalangi peserta konferensi masuk ke gedung pertemuan. (AAP: James Ross)

MELBOURNE,HARIANHALUAN.COM- Area Konferensi Pertambangan Internasional di Melbourne, Australia digeruduk  ratusan pengunjukrasa yang merupakan para aktivis lingkungan, Selasa (29/10). Setidaknya 20 demonstran telah ditahan polisi.

"Polisi telah menahan 20 orang yang sebelumnya berkumpul di luar gedung Melbourne Exhibition and Convention Centre, dimana Konferensi Pertambangan Dan Sumber Daya (IMARC) dilangsungkan," demikian ABC Australia.

Polisi menggunakan gas pemedih mata terhadap para pengunjuk rasa, dan juga menggunakan kuda untuk mendesak pengunjuk rasa mundur dari pintu masuk ke dalam gedung konferensi.

Juru bicara Kepolisian Victoria mengatakan para pengunjuk rasa ini menutup pintu masuk untuk difabel dan diminta membubarkan diri namun menolak.

"Polisi bergerak dan para pengunjuk rasa ditahan," kata juru bicara tersebut.

Seorang pengunjuk rasa Paul mengatakan wanita itu, seorang warga asal Chile berusia 23 tahun mengalami cedera karena kakinya terkena injakan kuda polisi.

Emma Black, juru bicara kelompok bernama Blockade IMARC mengatakan mereka berhasil menutup beberapa pintu masuk gedung konferensi.

"Tujuan kami adalah menghentikan konferensi, menghentikan para eksekutif pertambangan dan para investor masuk ke dalam gedung, dan sejauh ini kami cukup berhasil melakukannya."

Emma Black mengatakan aliansi mereka terdiri dari 20 organisasi yang berasal dari serikat pekerja, aktivis lingkungan dan pegiat penyayang binatang.

"Saya berasal dari kota dimana para petani dan petambang sudah bekerja saling berdekatan selama lebih dari 50 tahun, dan anak-anak saya bekerja di perusahaan pertambangan."

Pemimpin Oposisi dari Partai Liberal di Victoria Michael O'Brien telah menyerukan adanya kuasa baru bagi polisi untuk menghentikan apa yang digambarkannya sebagai 'pengunjuk rasa sudah menguasai kota Melbourne. (*)

 Sumber : Detikcom-ABC /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]