Longsor di Pekuburan, Tengkorak dan Tulang Belulang Berserakan


Selasa, 29 Oktober 2019 - 19:34:03 WIB
Longsor di Pekuburan, Tengkorak dan Tulang Belulang Berserakan Ilustrasi

SUMATERA UTARA, HARIANHALUAN.COM - Pemakaman umat Kristen di Desa Penungkiren, Kecamatan STM Hilir, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, diterjang longsor. Akibatnya, tengkorak dan tulang belulang dari kuburan berserakan dan terbawa material longsor. 

Posisi pemakaman itu berada di bibir tebing. Longsor itu terjadi usai hujan deras mengguyur pada Minggu pagi, 27 Oktober 2019, hingga hari ini, Selasa, 29 Oktober 2019. Pihak keluarga melakukan pemindahan makam dan mengumpulkan kembali tengkorak dan tulang-tulang dari jenazah di pemakaman tersebut.

“Hujan deras terus sampai jam 24.00 malam. Karena tingginya curah hujan itu lalu baru setelah (Minggu) pagi, tampak warga kuburan itu amblas,” kata Kepala Desa Penungkiren, Pasangen Sembiring, kepada wartawan, Selasa, 29 Oktober 2019.

Pasangen mengungkapkan bahwa warga pun bermufakat untuk memindahkannya. Mereka menyepakati agar warga memindahkan kuburan kerabatnya ke lahan masing-masing. Sekurangnya sudah sekitar 13 kuburan yang dipindahkan. Pemindahan masih berlanjut.

“Ke depan kita pindahkan ke lahan tanah wakaf kita. Kalau nanti kita dapat bolehlah kita pindahkan ke tanah wakaf yang sudah ada,” ucap Pasangen.

Kemudian masyarakat menggelar musyawarah untuk memindahkan makam tersebut di lokasi yang aman dari longsor dengan berkoordinasi dengan pihak terkait dan kecamatan setempat.

Saat ini pihak desa sudah berkoordinasi dengan kecamatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka akan berupaya mencari lahan baru untuk dijadikan lahan perkuburan. (h/vva)

 Sumber : vivanews /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]