BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Gandeng Koperasi


Selasa, 29 Oktober 2019 - 23:18:44 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang Gandeng Koperasi BPJS Ketenagakerjaan Ajak Koperasi di Kota Padang Ikut Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. YESI

PADANG,HARIANHALUAN.COM-BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padang, berjasama dengan Dinas Koperasi provinsi dalam mensosialisasikan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk koperasi di Kota Padang.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Padang, Yuniman Lubis mengatakan pemilihan koperasi sebagai salah satu sasaran sosialisasi BPJS ketenagakerjaan karena koperasi juga memiliki resiko kecelakaan kerja.

"Pada sosialisasi jaminan sosial ketenagakerjaan ini, BPJS ketenagakerjaan bersama Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi (disnakertrans) Sumbar dan Dinas Koperasi Sumbar mengundang perwakilan 50 koperasi di Kota Padang. Karena koperasi merupakan badan usaha yang juga memiliki resiko kecelakaan kerja. Dan dengan Jaminan sosial ketenagakerjaan, manfaatnya yang diberikan sama dengan perusahaan lainnya," ungkap Yuniman, Selasa (29/10) di Padang.

Melalui program sosialisasi ini, Yuniman menargetkan setidaknya pengurus dan pegawai masing-masing koperasi yang belum mendaftar akan segera ikut jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Rata-rata setiap koperasi memiliki pengurus sekitar 20 orang, itu sudah temasuk anggota yang bukan pekerja. Kedepan yang kita harapkan melalui sosialisasi ini, setidaknya pengurus dan pegawainya mendaftarkan diri di BPJS Ketenagakerjaan, kalau anggotanya mau lebih baik," sambung Yuniman.

Terkait teknis pembayaran, Yuniman mengimbau kepada pengurus koperasi langsung mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan di Jalan Veteran Kota Padang.

"Kalau masih ada yang ragu/bingung kita sudah kasih nomor telp/sarankan langsung ke kantor. Ya harapnya pengurus koperasi jadi peserta bpjs, agar kalau terjadi resiko kecelakaan kerja, keluarganya tidak kesusahan. Kalau bapak-bapak yang masih merokok, harga satu bungkus rokok tidak sampai untuk perlindungan satu bulan. Tidak akan jatuh miskin hanya karena bayar dua belas ribuan rupiah per bulan untuk jaminan perlindungan kerja," ucap Yuniman.

Sementara itu, Nursyamsi selaku penyuluh koperasi di Dinas koperasi Sumbar berharap dari peserta yang hadir paham tentang manfaat BPJS Ketengakaerjaan.

"Kadang mereka menyamakan saja tentang bpjs ketenagakerjaan dengan bpjs kesehatan, tapi setelah dijelaskan oleh narasumber, mereka paham, ternyata berbeda termasuk ruang lingkup pelayanannya. Setelah dihitung-hitunh, mungkin mereka mengira BPJS ini nambah-nambah pengeluaran saja. Padahal itu tidak mahal, jika dibandingkan perlindungan yang diberikan," jelas Nursyamsi.

Khusus pada koperasi, kata Nursyamsi, karena berada di tengah masyarakat/ kelurahan, mereka lebih banyak bergelut dengan resiko.

"Kadang sering antar jemput uang ke lapangan, ini yg menyangkut perlindungan bagi tenaga kerja.

Ditempat yang sama, mediator hubungan indistrial disnakerstrans Sumbar, Helneliza mengatakan BPJS Ketenagakerjaan dengan disnakertrans punya koordinasi yang bagus terjadap perlindungan tenaga kerja. 

"BPJS Ketenagakerjaan dan Disnakertrans punya koordinasi yang bagus, kami sebagai mediator melakukan pembinaan kepada perusahaan dalam rangka peningkatan kepesertaan. Kaitan dengan disnaker, untuk peningkatan kepesertaan dalam perlindungan pekerja, merupakan tupoksi disnakertrans yang bertugas memberikan perlindungan bagi pekerja kita," ucap Helneliza.

Lebih lanjut kata dia, faktor ketidaktahuan menjadi alasan pengurus koperasi yang belum mendaftar.

"Yang belum mendaftar karena ketidaktauan, mereka ingin mencari tahu bagaimana untuk menjadi peserta. Bahkan mereka juga memberikan solusi agar dinas koperasi menyurati koperasi untuk mengikuti jaminan sosial ketenagakerjaan di BPJS Ketenagakerjaan ini," jelasnya.

Ia menyarankn bagi yang belum daftar BPJS Ketenagakerjaan, agar segera mendaftar.

"Perlindungan yang diberikan pemerintah salah satu penyelenggaranya adalah BPJS Ketenagakerjaan, dengan iuran yang terbilang murah hanya belasan ribu per bulannya," kata dia. (h/mg-yes)

Reporter : YESI /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]