Calon Kapolri Idham Azis Uji Kelayakan Hari Ini


Rabu, 30 Oktober 2019 - 07:09:48 WIB
Calon Kapolri Idham Azis Uji Kelayakan Hari Ini Idham Azis

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Herman Herry menyatakan pihaknya bakal menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Komisaris Jenderal Idham Azis, Rabu (30/10). 

Uji kelayakan dilakukan karena Tito Karnavian mengundurkan diri sebagai Kapolri dan menjadi Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Mengingat kekosongan jabatan Kapolri setelah Jenderal Tito Karnavian mengundurkan diri karena ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Dalam Negeri, maka dari itu Komisi III akan memulai proses fit and proper test pada Rabu 30 Oktober 2019," kata Herman Herry kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (29/10).

Dia menerangkan proses dan mekanisme dalam pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan akan diawali dengan melakukan kunjungan ke rumah Idham dalam rangka mengetahui latar belakang keluarga. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada pukul 09.00 WIB Rabu (30/10).

Setelah itu, Komisi III DPR akan mendengar paparan visi dan misi Idham sebagai calon Kapolri. Dilanjutkan dengan pendalaman dari masing-masing fraksi di Ruang Rapat Komisi III.

Herman mengatakan Komisi III kemungkinan bakal mengambil keputusan terkait pengajuan nama Idham sebagai calon Kapolri pada Rabu malam (30/10).

"Kalau masih memungkinkan sore harinya kami akan lakukan fit and proper test. Jika selesai fit and proper test, mungkin malam hari kami akan lakukan penetapan calon Kapolri terpilih," katanya.(*)

 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]