Wah..! 2.500 Km Jalan Tol Akan Dibangun dengan Dana Rp375 Triliun


Rabu, 30 Oktober 2019 - 07:25:34 WIB
Wah..! 2.500 Km Jalan Tol Akan Dibangun dengan Dana Rp375 Triliun Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan jalan tol dalam lima tahun ke depan sepanjang 2.500 km. Investasinya diperkirakan mencapai Rp 250-375 triliun.

Rencananya, pemerintah tidak hanya menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melainkan juga melalui Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Oleh karena itu, partisipasi swasta sangat diharapkan dalam percepatan pembangunan jalan tol di Indonesia.

Sayangnya, tidak semua pihak swasta berani berinvestasi di sektor jalan tol. Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Konstruksi dan Infrastruktur Erwin Aksa mengungkap alasannya. Menurutnya, investasi di jalan tol merupakan investasi yang padat modal.

"Swasta takut investasi di bisnis tol karena investasinya padat modal. Swasta tidak banyak yang memiliki kekuatan modal besar karena ini padat modal. Jadi hanya segelintir swasta saja yang bisa masuk di sektor infrastruktur ini," kata Erwin di Menara Kadin, Jakarta, Selasa (29/10/2019).
Kedua, masalah pembebasan lahan. Menurut Erwin, pihak swasta malas mengurus pembebasan lahan.

"Belum lagi masalah pembebasan lahan. Pihak swasta harus ngurus lahan malas juga. Jadi tidak mudah untuk menawarkan kepada pihak swasta," ungkap Erwin.
Selain itu, ada juga masalah lain yang membuat pengusaha malas ikut dalam proyek infrastruktur. Seperti ketidakpastian yang tinggi dengan jangka waktu yang sangat panjang.

Saat ini sendiri, pihak swasta yang bergabung di investasi jalan tol setidaknya ada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI), PT Nusantara Infrastruktur, Astra Infra Group, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk ( PT.CMNP).(*)
 

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 09 Maret 2020 - 14:09:32 WIB

    Wah..! Harga Emas Bisa Tembus Rp 1 Juta per Gram?

    Wah..! Harga Emas Bisa Tembus Rp 1 Juta per Gram? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga emas terus merangkak naik sejak kabar penyebaran virus corona di dunia. Hari ini saja, harga emas Antam tembus Rp 851.000 per gram. Begitu pula dengan harga emas dunia di pembukaan perdaganga.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 13:18:02 WIB

    Wah..! KBRI Islamabad 'Jual' Kelapa Sawit di Pakistan

    Wah..! KBRI Islamabad 'Jual' Kelapa Sawit di Pakistan PAKISTAN, HARIANHALUAN.COM -- Indonesia selenggarakan seminar "Health, Nutritional Benefits & Potential Profitability of Palm Oil" di Karachi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai keunggulan dan potensi-potensi.
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 23:13:58 WIB

    Wah..! Masih Layani Penerbangan Denpasar-Wuhan, Ini Penjelasan Lion Air

    Wah..! Masih Layani Penerbangan Denpasar-Wuhan, Ini Penjelasan Lion Air JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Lion Air menjelaskan perihal masih adanya layanan penerbangan dari Denpasar ke Wuhan, China yang beroperasi menyusul adanya larangan terbang dari dan ke wilayah tersebut akibat virus corona. Lion A.
  • Ahad, 05 Januari 2020 - 19:21:36 WIB

    Wah..! Beli BBM Subsidi Bisa Dapat Cashback 30 Liter, Ini Syaratnya

    Wah..! Beli BBM Subsidi Bisa Dapat Cashback 30 Liter, Ini Syaratnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pertamina mengadakan program cashback untuk pelanggan yang membeli BBM bersubsidi secara nontunai (Cashless) lewat aplikasi MyPertamina di Jabodetabek. Pertamina memberikan cashback sebanyak 30 lit.
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 16:34:39 WIB

    Wah..! Dirut Garuda Dipecat, Pengusaha Hotel Gembira

    Wah..! Dirut Garuda Dipecat, Pengusaha Hotel Gembira JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menyambut gembira pemberhentian I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk akibat skandal penyel.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]