Kota Solok Tak Dapat Formasi Kesehatan di CPNS 2019


Rabu, 30 Oktober 2019 - 09:33:53 WIB
Kota Solok Tak Dapat Formasi Kesehatan di CPNS 2019 ilustrasi CPNS

SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Sumatera Barat mendapat pembagian kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 3.521 pada 2019 ini. Untuk Kota Solok mendapat kuota sebanyak 68.

Di Kota Serambi Madinah ini, formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum ada.Tak hanya itu, khusus formasi di bidang kesehatan juga tidak ada.

“Kota Solok mendapat 68 kuota dari 88 yang diusulkan. Awalnya sesuai petunjuk, 30 persen CPNS, 70 persen PPPK. Namun, karena regulasi PPPK belum selesai, maka 2019 belum ada."

"Jadi berkemungkinan akan dimasukkan pada 2020. Sedangkan, untuk kesehatan, tahun ini (2019) juga tidak ada karena pembukaan (CPNS), kemaren, kesehatan yang paling banyak,” ujarnya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solok, Hendaukhtri kepada Haluan, Selasa (29/10).

Dia menjelaskan, tidak adanya formasi kesehatan juga terkait dengan belum beroperasinya rumah sakit daerah Kota Solok. Sehingga tim dari pusat tidak membuka formasi tersebut untuk sementara.

“Yang lulus CPNS kemaren di bidang kesehatan saat ini ditumpangkan dahulu di beberapa Puskesmas yang ada di Kota Solok, ya itu tadi karena rumah sakit kita belum beroperasi." 

"Tapi kalau udah selesai, tahun 2010 ini bakal dikaji ulang lagi untuk formasi kesehatan. Dan saya sudah sampaikan, karena pembukaan CPNS ini setiap tahun, sampai 2024. Jadi tahun 2020 nanti, pusatkan kembali meminta formasi lagi, nah disitu kami usulkan lagi (kesehatan) kalau seandainya masih butuh,” tuturnya.

Ia menyampaikan, pada tahun ini Kota Solok hanya membuka formasi pendidikan dan tenaga teknis. “Pendidikan (guru) ada 14 da teknis dan fungsional sebanyak 54,” katanya.

Untuk 2019 ini, dikatakannya, kuota yang dapat sudah mencukupi dengan kebutuhan serta jumlah PNS yang memasuki masa pensiun. "Ada sekitar 50 an yang pensiun, dan pensiun dini. Jadi untuk saat ini cukup,” ucapnya.

Seperti yang diberitakan, pembukaan CPNS bakal dimulai serentak secara nasioal pada akhir Oktober ini. Tahap seleksi administrasi seperti berkas pelamar dilakukan pada November dan pengumumannya pada Desember. 

Lalu seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) diadakan pada akhir Januari 2010 da Februari 2020. Selanjutnya pengumuman hasil dan pemberkasana pada Maret hingga April 2020. (*)


Reporter : Rivo Septi Andries /  Editor : Agoes Embun


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM