MenPAN-RB Pastikan Tahun Depan Tak Ada Lagi Pejabat Eselon III dan IV


Rabu, 30 Oktober 2019 - 12:04:33 WIB
MenPAN-RB Pastikan Tahun Depan Tak Ada Lagi Pejabat Eselon III dan IV Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato pelantikannya bicara soal perampingan pejabat eselon pada kementerian/lembaga (K/L). Ia menginginkan jabatan eselon hanya ada dua tingkatan saja.

Menindaklanjuti hal tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa tahun depan tidak akan ada lagi jabatan eselon III dan IV di K/L.

"Yang empat mau dipangkas dua dan digantikan jabatan fungsional, intinya untuk menghargai keahlian," ucap Tjahjo di kantornya, Rabu (30/10/2019).
Tjahjo berjanji perampingan birokrasi ini dapat dilakukan dalam waktu hanya setahun. Dia akan memulainya di kementerian yang dia pimpin.

"Target saya eselonisasi itu paling lama setahun selesai. Saya mulai dari KemenPAN-RB, yang bulan ini eselon III dan IV dipangkas," ungkap Tjahjo.
Tjahjo tak segan untuk mundur jika targetnya tidak tercapai dalam setahun.

"Janji saya nggak sampai setahun berati saya gagal, saya mundur," ucapnya.

Sebagai informasi, eselon III dalam fungsi pemerintah pusat biasanya menjabat Kepala Bagian, Kepala Bidang, Kepala Subdirektorat.

Lalu, eselon IV seperti, Kepala Subbagian, Kepala Subbidang, Kepala Seksi.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 April 2020 - 21:57:35 WIB

    MenPAN-RB: Pimpinan Instansi Diminta Pastikan ASN Tidak Bepergian ke Luar Daerah dan Mudik Lebaran

    MenPAN-RB: Pimpinan Instansi Diminta Pastikan ASN Tidak Bepergian ke Luar Daerah dan Mudik Lebaran PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia (RI), Tjahjo Kumolo mengeluarkan Surat Edaran guna memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covi.
  • Selasa, 18 Februari 2020 - 10:02:01 WIB

    Menpan-RB Awasi Akun Medsos ASN, Hati-hati Jangan Asal Posting

    Menpan-RB Awasi Akun Medsos ASN, Hati-hati Jangan Asal Posting JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Paham radikalisme di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) terus dipantau dengan ketat. Untuk mencegah tumbuhnya benih-benih radikalisme di kalangan ASN, pada tahun 2018 sudah diterbitkan SE Mente.
  • Jumat, 07 Februari 2020 - 12:50:37 WIB

    Peserta CPNS Kedapatan Bawa Jimat, MenPAN-RB Malah Sebut Itu Doa

    Peserta CPNS Kedapatan Bawa Jimat, MenPAN-RB Malah Sebut Itu Doa BANJARMASIN, HARIANHALUAN.COM -- Peserta tes CPNS masih ada saja yang membawa jimat dengan anggapan bisa lulus tes. Bagaimana respons Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo?.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 16:33:56 WIB

    Menpan-RB: Tak Ada Aturan Larang PNS Pakai Cadar

    Menpan-RB: Tak Ada Aturan Larang PNS Pakai Cadar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo enggan berpendapat soal wacana yang dilontarkan Menteri Agama Fachrul Razi mengkaji pelarangan penggunaan cadar dan celan.
  • Sabtu, 30 Januari 2016 - 03:38:55 WIB

    Menpan-RB: Ada Pemborosan di 14 Lembaga

    JAKARTA, HALUAN — Menteri Pen­daya­gunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan ada pemborosan kewenangan pada 14 lembaga yang direkomendasikan kepada Presiden untuk dibubarkan..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]