Calon Jemaah Haji Kota Payakumbuh 2020 Berjumlah 235 Orang


Rabu, 30 Oktober 2019 - 12:31:37 WIB
Calon Jemaah Haji Kota Payakumbuh 2020 Berjumlah 235 Orang Wali Kota Payakumbuh diwakili Asisten III Setdako Amriul Datuak Karayiang buka manasik haji Payakumbuh di Aula Kantor Kemenag, Kota Payakumbuh, Rabu (30/10). ARIE

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Pembukaan Manasik Haji Kota Payakumbuh 2020 dibuka secara resmi oleh Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Setdako, Amriul Datuak Karayiang di Aula Kantor Kemenag, Kota Payakumbuh, Rabu (30/10). Pembukaan tersebut diikuti oleh ratusan calon jemaah haji (CJH) se-Kota Payakumbuh.

"Selamat dari pimpinan daerah kepada bapak ibuk jemaah. Semoga rangkaian kegiatan manasik nanti berjalan lancar dan diberkahi Allah. Harapan kami agar jemaah siap uang, siap kesehatan, dan siap ilmu sehingga menjadi haji yang mabrur nantinya," ujar Amriul.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Hamdi Agus. "Selamat kepada jemaah yang sudah terpilih menunaikan rukun Islam yang kelima tahun depan. Tidak banyak yang bisa berangkat ke baitullah karena dalam Alquran disebutkan hanya yang manistatha'a atau yang yang memiliki kemampuan," tuturnya.

Ketua PKS Payakumbuh itu berpesan agar CJH terus memaksimalkan persiapan baik dari segi keilmuan, fisik, dan seterusnya. "Terima kasih juga kepada Pemko dan Kemenag yang terus memfasilitasi jemaah dalam manasik maupun keberangkatan nanti," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Payakumbuh Jufrimal melaporkan, jumlah CJH Kota Payakumbuh 2020 adalah sebanyak 235 orang. "Itu perkiraan awal. Kami berharap bisa bertambah sesuai dengan situasi dan kondisi," katanya.

Disampaikan Jufrimal, manasik haji memang dilakukan sedini mungkin agar semakin mematangkan keilmuan CJH dalam menunaikan haji. "Insya Allah manasiknya dilakukan sebanyak 10 kali. 2 kali di Kemenag dan 8 kali di kecamatan dimana jemaah berdomisili," ujarnya.

Kegiatan manasik dibiayai oleh Kemenag RI melalui APBN yang direncanakan akan turun pada April ataupun Mei 2020. "Mulai dari honor narasumber, honor panitia, dan biaya konsumsi makan atau Snack insya Allah dibiayai Kemenag," ucap Jufrimal.

Salah satu CJH Payakumbuh, Deded Kurnia merasa bersyukur bisa mengikuti kegiatan manasik. Dia mengaku sudah mendaftar haji bersama istrinya sejak 2011 silam. "Mohon doanya agar manasik berjalan lancar hingga keberangkatan dan diberikan Allah haji yang mabrur," katanya. (h/mg-ari)

Reporter : Arie Alfikri /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]