Tidak Perlu Minder! Orang Kidal Justru Punya Banyak Kelebihan


Rabu, 30 Oktober 2019 - 14:06:20 WIB
Tidak Perlu Minder! Orang Kidal Justru Punya Banyak Kelebihan ilustrasi orang kidal.

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Anda pasti pernah melihat orang dengan tangan kidal di lingkungan sekitar bukan? Biasanya orang kidal melakukan semua aktivitas dengan tangan kiri, baik menulis, menyisir rambut, memegang raket atau lainnyaa. Sayangnya, masih banyak orang menganggap kidal adalah buruk.

Banyak orang tua sering meminta anaknya yang kidal untuk menggunakan tangan kanannya melakukan aktivitas. Bahkan, terkadang mereka memaksa anak untuk menggunakan tangan kanannya. Padahal orang kidal justru memiliki keistimewaan tersendiri. Baru-baru ini para peneliti telah mengidentifikasi empat sisi di otak dari orang yang kidal.

Ternyata orang kidal justru memiliki kelebihan dengan keterampilan bahasa yang lebih unggul. Selain itu, mereka juga lebih cenderung multitasking. "Penelitian kami menemukan bahwa orang yang kidal memiliki komunikasi antara otak kanan dan kiri yang lebih terkoordinasi," jelas dr Akira Wiberg, seorang anggota Dewan Riset Medis di Universitas Oxford.

Profesor Dominic Furniss, anggota penelitian itu juga mengakui bahwa masih banyak orang yang menganggap bahwa orang kidal biasanya tidak beruntung hingga jahat. Tapi, tim penelitiannya berusaha membuktikan bahwa kidal adalah konsekuensi dari perkembangan biologi otak, sebagian didorong oleh interaksi kompleks dari banyak gen.

Gen itulah yang menyebabkan orang terlahir kidal, meski belum bisa diidentifikasi gen seperti apa yang menyebabkan kidal. Para peneliti menemukan ciri-ciri genetik kidal di area otak yang berhubungan dengan kemampuan bahasanya. Orang kidal, terutama anak perempuan, justru lebih mampu berbicara lancar serta kaya kosakata.

"Untuk pertama kalinya pada manusia, kita dapat membuktikan bahwa kidal sebenarnya dapat diidentifikasi di otak," jelasnya.

Selain itu, orang kidal juga lebih jago dalam bidang olahraga, seperti tenis, berenang, baseball dan tinju. Karena itu, orangtua tak seharusnya malu ketika memiliki anak dengan tangan kidal. (*)

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 07:41:11 WIB

    Benarkah Makanan Beku Tidak Sehat? Ini Jawabannya

    Benarkah Makanan Beku Tidak Sehat? Ini Jawabannya HARIANHALUAN.COM -- Makanan beku bukan hal baru. Inovasi yang satu ini membuat orang bisa lebih leluasa menyimpan makanan dan mengolahnya ketika diperlukan..
  • Kamis, 23 April 2020 - 06:54:16 WIB

    Begini Cara Wudhu saat Puasa Supaya Tidak Batal

    Begini Cara Wudhu saat Puasa Supaya Tidak Batal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Tiap muslim tentunya ingin melaksanakan Puasa Ramadhan 2020 dan ibadah lainnya dengan baik. Sayangnya, keinginan beribadah dengan baik kadang tak selalu mudah dilaksanakan. Selalu ada momen yang m.
  • Ahad, 08 Maret 2020 - 12:24:51 WIB

    Jangan Ikut-ikutan! 8 Diet Ini Bisa Bikin Cepat Kurus tapi Tidak Sehat

    Jangan Ikut-ikutan! 8 Diet Ini Bisa Bikin Cepat Kurus tapi Tidak Sehat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Diet menjadi salah satu cara yang paling banyak diikuti orang untuk mengurangi berat badan. Sayangnya, kebanyakan orang mengikuti diet yang salah sehingga menyebabkan masalah kesehatan lain..
  • Kamis, 05 Maret 2020 - 23:03:39 WIB

    Tidak Mau Terlihat 2 Tahun Lebih Tua? Jangan Tersenyum...

    Tidak Mau Terlihat 2 Tahun Lebih Tua? Jangan Tersenyum... JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak orang mengatakan, salah satu cara agar kita terlihat awet muda adalah dengan terus bahagia. Oleh karena itu, kita pun diminta tersenyum agar terlihat awet muda..
  • Selasa, 03 Maret 2020 - 17:50:42 WIB

    Ternyata Ini Penyebab AC Mobil Kotor dan Tidak Sehat

    Ternyata Ini Penyebab AC Mobil Kotor dan Tidak Sehat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Tersebarnya virus corona sampai ke Indonesia, membuat masyarakat harus mengambil langkah antisipasi untuk mencegah tertular ke diri sendiri. Salah satunya dengan menjaga kebersihan sirkulasi uda.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]