Kejari Padang Musnahkan Barang Bukti Ribuan Miras Oplosan


Rabu, 30 Oktober 2019 - 15:23:48 WIB
Kejari Padang Musnahkan Barang Bukti Ribuan Miras Oplosan Ribuan botol  minuman keras (miras) oplosan, puluhan kilogram ganja, dan beberapa paket shabu-shabu yang telah disidangkan dimusnahkan di halaman Kantor Kejari Padang. WINDA

PADANG,HARIANHALUAN.COM - Ribuan botol  minuman keras (miras) oplosan, puluhan kilogram ganja, dan beberapa paket shabu-shabu yang telah disidangkan dimusnahkan di halaman Kantor Kejari Padang, Selasa (29/10). Miras oplosan dari berbagai merek tersebut digilas menggunakan alat berat, sedangkan untuk shabu dan ganja dimusnahkan dengan cara dibakar 

Kepala Seksi Pidana Umum ( Kasi Pidum) Kejari Padang Yarnes mengatakan bahwa, dengan pemusnahan tersebut tidak ada lagi barang bukti (BB) yang menumpuk di Kejari padang.

"BB yang dimusnahkan berasal dari tiga jenis perkara yaitu narkotika, Miras dan kosmetik ilegal. Semua kasus tersebut telah memiliki kekuatan hukum tetap. Kemudian, BB yang dimusnahkan berupa sampel dari 96 perkara ganja dan sabu, ribuan miras dari 1 perkara serta alat kosmetik dan kesehatan ilegal empat perkara,” terang Yarnes.

Yarnes yang didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Romulus, menambahkan, untuk barang bukti alat kosmetik dari perkara yang berkaitan dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

"Jadi yang dimusnahkan ini adalah barang bukti yang dibawa jaksa ke pengadilan berupa sampel, sedangkan sisanya penyidik yang memusnahkan," lanjutnya.

Dikesempatan yang sama, Asisten III Pemko Padang Didi Aryadi, menyambut baik pemusnahan yang dilakukan kejaksaan karena kasus-kasus tersebut meresahkan masyarakat, terutama generasi muda.

"Jangan sampai barang-barang yang menyalahi aturan ini beredar di tengah masyarakat. Kami apresiasi kinerja Kejari Padang. Kami harap Kota Padang bebas dari narkoba dan miras," tutur Didi.

Didi menyebutkan, pemerintah akan menggiatkan sosialisasi aturan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan.

"Pemko senantiasi memberikan sosialisasi tentang bahaya narkoba memalu Badan Narkotika Kota (BNK) Padang, berupa sosialisasi maupun penyuluhan," tukasnya. (h/win)

Reporter : WINDA /  Editor : DODI NJ

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]