Mau Bikin Akte Kelahiran Anak..? Berikut Syarat, Cara, dan Biayanya


Rabu, 30 Oktober 2019 - 16:51:06 WIB
Mau Bikin Akte Kelahiran Anak..? Berikut Syarat, Cara, dan Biayanya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Setiap orang harus memiliki akte kelahiran sebagai bukti sah status di sebuah negara. Nah, apa saja syarat membuat akte kelahiran anak?

Akte kelahiran dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Dengan memenuhi syarat membuat akte kelahiran maka status bayi yang terlahir akan terdaftar dalam kartu keluarga baru dan diberi NIK.

Berikut syarat membuat akte kelahiran yang dirangkum detikcom:

1. Syarat

Ada beberapa syarat membuat akte kelahiran yang mesti dipenuhi agar saat dewasa anak memiliki NIK. Adapun persyaratan tersebut mulai dari surat keterangan kelahiran hingga fotokopi surat nikah.

Adapun syarat membuat akte kelahiran sebagai berikut :

a.Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan
b.Asli dan Fotokopi Surat Keterangan Kelahiran dari dokter/bidan/penolong kelahiran/Nakhoda Kapal Laut atau Pilot Pesawat Terbang dengan memperlihatkan aslinya
Surat Nikah/Akta Perkawinan orang tua
d.Fotokopi KK dan KTP orang tua
e.Nama dan identitas saksi pelaporan kelahiran
f. Persetujuan Kepala Dinas/Suku Dinas. dalam hal pelaporannya melebihi 60 (enam puluh) hari sejak tanggal kelahirannya.

2. Cara

Cara membuat akte kelahiran dilakukan dengan memenuhi syarat membuat akte kelahiran dan melakukan permohonan ke pelayanan pencatatan akte kelahiran di kantor kelurahan, dinas, suku dinas, puskesmas kecamatan, hingga rumah sakit.

3. Biaya

Setelah syarat membuat akte kelahiran lengkap dan pengajuan selesai dilakukan, pemohon dapat menunggu selama 5 hari kerja. Adapun biaya membuat akte kelahiran sebesar Rp 0 atau tak dipungut bayaran. (*)
 

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]