KERJA KERAS PLN TERANGI RANAH MINANG

Nagari di Lereng Bukit Hingga Pulau Terluar Kini Berlistrik


Kamis, 31 Oktober 2019 - 08:49:57 WIB
Nagari di Lereng Bukit Hingga Pulau Terluar Kini Berlistrik PLN Peduli membantu masyarakat kurang mampu dengan menggratiskan biaya pasang baru, untuk mewujudkan semua masyarakat menikmati listrik.

PADANG, HALUAN - Peringatan Hari Listrik Nasional ke-74, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar tetap berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

Didukung oleh SDM yang handal dan berkompeten, PLN Sumbar terus mempercepat kelistrikan di daerah-daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga : NASA Sukses Menerbangkan Helikopter Ingenuity di Mars

General Manager PLN UIW Sumbar, Bambang Dwiyanto

Baca Juga : Menunggu Berbuka, 12 Game Offline Ini Layak Dicoba 

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat, Bambang Dwiyanto mengungkapkan berdasarkan data per Agustus 2019, daya mampu pembangkit 150kV mencapai 608,8 MW sedangkan daya mampu pembangkit EBT 20Kv mencapai 32,22 MW.

“Beban puncak di Sumatera Barat saat ini mencapai 602,7 MW sehingga cadangan kita ada sekitar 38,32 MW. Ini murni dari Sumbar, tanpa adanya transfer dari selatan,” ucap Bambang.

Baca Juga : Masih Bingung Cara Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui? Simak Yuk

Bambang juga menambahkan komitmen PLN UIW Sumbar untuk senantiasa meningkatkan Rasio Elektrifikasi maupun Rasio Desa Berlistrik.
“PLN Sumbar tentu saja terus berupaya untuk meningkatkan RE maupun RD, karena itu tugas kita, bentuk pengabdian kita kepada masyarakat dan Negara. Untuk saat ini, RE PLN sudah mencapai 95,01%. Sedangkan RE Total 96,27%. Untuk Ratio elektrifikasi Desa lebih baik lagi, yakni sudah di angka 98,88%,” sambung Bambang.

Baca Juga : Ini Cara Sembunyikan Status WhatsApp agar Tidak Bisa Dilihat Orang yang Tidak Diinginkan

Menteri Bappenas bersama Direksi PLN dan Jajaran Pemda saat meninjau pelayanan listrik warga di Pulau Siberut, Mentawai.

Nah, untuk desa atau  nagari  0,0 sekian persen lagi, lanjut Bambang, PLN terus berkoordinasi dan bersinergi dengan semua pihak untuk membantu masyarakat yang belum berlistrik agar bisa terang.

“Untuk  jaringan, kita kerjasama dengan Pemda dan perangkat Nagari. Sedangkan bagi warga yang kurang mampu  untuk biaya  pasang baru, kita juga  punya program sosial penggalangan dana dari seluruh pegawai PLN untuk membantu Pasang Baru listrik kepada keluarga yang kurang mampu, sehingga warga kurang mampu bisa dibantu. Pasang baru gratis ini sudah kita laksanakan bagi masyarakat kurang mampu di Sungai Pisang Padang dan masyarakat di Mentawai,” ujar Bambang menambahkan. (*)

 

Reporter : yesi | Editor : DavidR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]