Bunuh Diri Tak Hanya Karena Depresi, Ini Kata Ahli Jiwa


Sabtu, 02 November 2019 - 13:04:03 WIB
Bunuh Diri Tak Hanya Karena Depresi, Ini Kata Ahli Jiwa Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Masalah hidup bisa membuat orang putus asa, depresi, hingga ada yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidup. Namun jangan anggap semua orang yang bunuh diri mengalami depresi loh.

dr Yaniar Mulyantini, SpKJ, di Poli Psikiatri Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu menjelaskan bahwa bunuh diri merupakan pertanda bahwa seseorang tidak lagi bisa mengatasi masalahnya. Bunuh diri merupakan tindakan yang impulsif yang dapat muncul kapan saja dan dalam kondisi apapun.
"Memang cukup sering terjadi orang-orang yang memutuskan untuk bunuh diri memang ada riwayat depresi. Tapi bukan berarti semua orang yang bunuh diri berarti depresi," jelas dokter Yaniar.
Menurut dr Yaniar bunuh diri bisa terkait dengan banyak penyakit mental lain. Tidak hanya itu, tindakan bunuh diri juga bisa didasari oleh tekanan sosial atau konflik rumah tangga.

Tindakan bunuh diri ini terkait dengan kapasitas seseorang mengatasi masalah, beradaptasi dengan dirinya sendiri, lingkungan, dan situasi yang dihadapi. Jadi banyak sekali faktor-faktor risiko yang menyebabkan seseorang untuk bunuh diri.(*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 14:47:04 WIB

    Apa Penyebab Muncul Keinginan Bunuh Diri? Yuk Cari Tahu...

    Apa Penyebab Muncul Keinginan Bunuh Diri? Yuk Cari Tahu... HEALTH, HARIANHALUAN.COM - Keinginan bunuh diri kerap muncul ketika seseorang mengalami depresi dan tidak tertangani dengan baik. Menyusul artis Korea, Sulli eks member f(x), yang ditemukan bunuh diri, artis belia Ariel Tatum.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]