80 Siswa SMK Tersertifikasi Kompeten

PNP Gelar Penutupan Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2


Senin, 04 November 2019 - 14:05:50 WIB
PNP Gelar Penutupan Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2 Peserta PNP Digital Talent Scholarship 2019.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) yang bekerjasama dengan Kominfo Sumbar menggelar penutupan Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2, Senin (4/11). Sebanyak 80 an siswa SMK dinyatakan kompeten dari total 120-an peserta yang mengikuti kegiatan.

Penilaian kompetensi tersebut dinilai berdasarkan aspek knowledge (ilmu pengetahuan), skill (kemampuan) dan attitude (sikap) yang selanjutnya peserta dinyatakan pada dua pilihan yaitu kompeten dan belum kompeten. Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan kepercayan yang diberikan kepada PNP sebagai pelaksana merupakan suatu kebanggaan.

"PNP dipercaya kominfo untuk melatih siswa-siswa dari SMK dalam rangka pelatihan digital talent scholarship (DTS). Bagi PNP ini kepercayaan yang membanggakan, sesuai fungsi kita didunia pendidikan," ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini, dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing, terutama bidang IT yang menjadi titik fokus pelatihan. Lebih lanjut dikatakan Yondri, pelatihan DTS menjadi penting dalam menghadapi bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia pada masa mendatang.

"Menyangkut bonus demografi, ini adalah tantangan kita bersama. Disaat pekerjaan itu sekarang ada, mungkin kedepan tidak ada, sementara kita punya SDM. Nah itu yang akan kita arahkan dan bekali dengan pelatihan ini," jelasnya.

Berkolaborasi dengan Kominfo, sambung Yondri, PNP mengambil peran dalam dunia pendidikan yang bertugas menyipakan talent-talent yang mampu menghadapi bonus demografi itu. Sementara itu, Zudarmi Kepala Bidang Fungsional Pengantar Kerja Ahli madya Disnakertrans Provinsi Sumbar menyatakan sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan DTS 2019 Gelombang 2 ini.

"Saya melihatnya bagus sekali, ssuai dengan kebijakan kedepan kita menyiapkan SDM yang kompeten dan spesifik lagi mengarah ke digital. Ini adalah wadah bagi kominfo bekerja sama dengan PNP untuk menghasilkan talent-talent yang berdaya saing," jelas Zudarmi.

Kegiatan DTS, kata Zudarmi dapat mengangsur-angsur mengurangi pengangguran. "Kita berharap sebenarnya dapat menggiring mereka bagaimana mereka bisa berwirausaha, tidak hanya mencari kerja tapi mampu mencipatakan lapangan kerja itu sendiri," tutupnya. (*)


Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 09:55:31 WIB

    Mantap..! PNP Raih Peringkat ‘Sangat Bagus’ dalam Pengabdian Masyarakat

    Mantap..! PNP Raih Peringkat ‘Sangat Bagus’ dalam Pengabdian Masyarakat PADANG, HARIANHALUAN.COM – Prestasi membanggakan kembali diraih Politeknik Negeri Padang (PNP). Tahun ini PNP, berhasil meningkatkan kinerjanya di bidang penelitian dari peringkat Madya menjadi Peringkat Utama. .
  • Sabtu, 16 November 2019 - 18:46:02 WIB

    Dosen PNP Beri Pelatihan Bagi Guru dan Siswa SMKN 1 Payakumbuh

    Dosen PNP Beri Pelatihan Bagi Guru dan Siswa SMKN 1 Payakumbuh PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan para guru dan siswa SMK jurusan akuntansi tentang akuntansi pajak, dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) telah melakukan pengabdian masyarakat ke SMKN 1 P.
  • Kamis, 14 November 2019 - 10:35:14 WIB

    Dosen PNP Latih Guru SMK 3 Padang

    Dosen PNP Latih Guru SMK 3 Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Penyusunan laporan keuangan yang disusun berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) merupakan kompetensi utama yang harus dimiliki oleh siswa SMK jurusan Akuntansi. Sehingga kompetensi, keahlian .
  • Rabu, 06 November 2019 - 10:02:54 WIB

    Dosen dan Mahasiswa PNP Gelar Pelatihan Korespondensi Bisnis

    Dosen dan Mahasiswa PNP Gelar Pelatihan Korespondensi Bisnis PADANG, HARIANHALUAN.COM- Dosen dan Mahasiswa Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar pelatihan korespondensi bisnis kepada 20 orang pelaku bisnis pusat perdagangan Kota Padang..
  • Ahad, 20 Oktober 2019 - 10:33:08 WIB

    Wisuda ke-56, PNP Lepas 1.281 Wisudawan

    Wisuda ke-56, PNP Lepas 1.281 Wisudawan PADANG, HARIANHALUAN.COM-Politeknik Negeri Padang (PNP) menggelar wisuda ke-56, Sabtu-Minggu (19-20/10) dengan melepas sebanyak 1.281 orang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM