80 Siswa SMK Tersertifikasi Kompeten

PNP Gelar Penutupan Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2


Senin, 04 November 2019 - 14:05:50 WIB
PNP Gelar Penutupan Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2 Peserta PNP Digital Talent Scholarship 2019.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) yang bekerjasama dengan Kominfo Sumbar menggelar penutupan Digital Talent Scholarship 2019 Gelombang 2, Senin (4/11). Sebanyak 80 an siswa SMK dinyatakan kompeten dari total 120-an peserta yang mengikuti kegiatan.

Penilaian kompetensi tersebut dinilai berdasarkan aspek knowledge (ilmu pengetahuan), skill (kemampuan) dan attitude (sikap) yang selanjutnya peserta dinyatakan pada dua pilihan yaitu kompeten dan belum kompeten. Direktur PNP, Surfa Yondri mengatakan kepercayan yang diberikan kepada PNP sebagai pelaksana merupakan suatu kebanggaan.

"PNP dipercaya kominfo untuk melatih siswa-siswa dari SMK dalam rangka pelatihan digital talent scholarship (DTS). Bagi PNP ini kepercayaan yang membanggakan, sesuai fungsi kita didunia pendidikan," ucapnya.

Ia berharap dengan kegiatan ini, dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu bersaing, terutama bidang IT yang menjadi titik fokus pelatihan. Lebih lanjut dikatakan Yondri, pelatihan DTS menjadi penting dalam menghadapi bonus demografi yang akan terjadi di Indonesia pada masa mendatang.

"Menyangkut bonus demografi, ini adalah tantangan kita bersama. Disaat pekerjaan itu sekarang ada, mungkin kedepan tidak ada, sementara kita punya SDM. Nah itu yang akan kita arahkan dan bekali dengan pelatihan ini," jelasnya.

Berkolaborasi dengan Kominfo, sambung Yondri, PNP mengambil peran dalam dunia pendidikan yang bertugas menyipakan talent-talent yang mampu menghadapi bonus demografi itu. Sementara itu, Zudarmi Kepala Bidang Fungsional Pengantar Kerja Ahli madya Disnakertrans Provinsi Sumbar menyatakan sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan DTS 2019 Gelombang 2 ini.

"Saya melihatnya bagus sekali, ssuai dengan kebijakan kedepan kita menyiapkan SDM yang kompeten dan spesifik lagi mengarah ke digital. Ini adalah wadah bagi kominfo bekerja sama dengan PNP untuk menghasilkan talent-talent yang berdaya saing," jelas Zudarmi.

Kegiatan DTS, kata Zudarmi dapat mengangsur-angsur mengurangi pengangguran. "Kita berharap sebenarnya dapat menggiring mereka bagaimana mereka bisa berwirausaha, tidak hanya mencari kerja tapi mampu mencipatakan lapangan kerja itu sendiri," tutupnya. (*)

loading...
Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:50:36 WIB

    Direktur PNP Ingatkan Kajur Harus Punya Produk Unggulan

    Direktur PNP Ingatkan Kajur Harus Punya Produk Unggulan HARIANHALUAN.COM - Direktur Politeknik Negeri Padang (PNP) Surfa Yondri mengimbau setiap pimpinan program studi harus mempunyai produk yang bisa dijadikan produk unggulan karena sebagai lembaga pendidikan vokasi, PNP harus me.
  • Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:12:24 WIB

    PNP Targetkan 100% Alumni Diserap oleh Industri

    PNP Targetkan 100% Alumni Diserap oleh Industri HARIANHALUAN.COM - Target Politeknik Negeri Padang (PNP) sekarang bukan hanya memagangkan mahasiswa 1-6 bulan dalam program praktik kerja lapangan (PKL) tapi juga mengusahakan bagaimana setamat kuliah nanti mereka semaksimal .
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:09:42 WIB

    Sebagai Agen Perubah, Mahasiswa PNP Harus Mampu Berkamuflase di Setiap Situasi

    Sebagai Agen Perubah, Mahasiswa PNP Harus Mampu Berkamuflase di Setiap Situasi HARIANHALUAN.COM - Meskipun terbatas jarak, mahasiswa harus tetap kreatif menciptakan aktivitas positif. Karena mahasiswa dikenal sebagai agen perubah, mereka harus mampu berkamuflase dengan baik dalam setiap keadaan dan situ.
  • Kamis, 13 Agustus 2020 - 06:00:54 WIB

    Sekretaris KPM: Mahasiswa PNP Harus Patuhi Undang-undang

    Sekretaris KPM: Mahasiswa PNP Harus Patuhi Undang-undang HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa D-3 Jurusan Manajemen Informatika di Politeknik Negeri Padang (PNP), Novelia Desrina menyatakan, setiap surat yang dikeluarkan Ormawa harus memiliki kop surat, cap Ormawa, dan tandatangan. Untuk p.
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 18:08:01 WIB

    PNP Jalin Kerjasama dengan PT. Kurnia Abadi Padang

    PNP Jalin Kerjasama dengan PT. Kurnia Abadi Padang HARIANHALUAN.COM - Politeknik Negeri Padang (PNP) mendapat kepercayaan untuk bekerja sama dengan PT. Kurnia Abadi Padang, perusahaan yang bergerak dibidang supply barang-barang listrik dan aksesorisnya. Seperti tiang besi, pi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]