Tingkatkan Ilmu Kewirausahaan bagi Petani, Anggota DPRD Sumbar Ini Gelar Pelatihan UMKM


Senin, 04 November 2019 - 16:30:00 WIB
Tingkatkan Ilmu Kewirausahaan bagi Petani, Anggota DPRD Sumbar Ini Gelar Pelatihan UMKM Anggota DPRD Sumbar Ismunandi Sofyan mengelar pelatihan bagi pelaku UMKM di Hotel Grand Malindo, Minggu (3/10). (Ist)

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Untuk meningkatkan pengetahuan tentang kewirausahan Ismunandi Sofyan anggota DPRD Provinsi Sumbar mengelar pelatihan bagi pelaku UMKM di Hotel Grand Malindo, Minggu (3/11). Acara yang akan berlangsung selama empat hari itu dibuka secara resmi oleh Ismunandi Sofyan yang juga menjabat Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bukittinggi. 

Menurut Ismunandi, sebagian besar masyarakat Kabupaten Agam berprofesi sebagai pedagang dan bertani, sehingga untuk mengelola usahanya itu perlu pengetahuan dan bimbingan dari orang yang ahli di bidangnya serta ilmu tentang kewirausahaan yang mumpuni. 

"Untuk itu, kita datangkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, agar dapat memberikan pelatihan mulai dari bagaimana mendapatkan kredit, pengolahan atau produksi hingga memasarkan hasil produk sehingga dapat meningkatkan perekenomian masyarakat. Selama ini kita lihat UMKM yang ada seperti hidup segan mati tak mau. Jadi dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan mereka dalam mengelola usaha,” kata Ismunandi.

Dia menjelaskan, sumber dana pelaksanaan pelatihan itu berasal dari Dana Pokok Pikiran (Pokir) dia sebagai anggota DPRD Sumbar. "Dana Pokir ini diamanatkan kepada saya dan akan saya pergunakan sebaik baiknya untuk kesejahteraan masyarakat," terangnya.

Pelatihan itu, diikuti para pelaku UMKM di Kecamatan Tanjung Mutiara, Kecamatan Palupuh, Kecamatan Palembayan, Kecamatan IV Angkek, Kecamatan Kamang Magek, Kecamatan Banuhampu dan Kota Bukittinggi. "Pelatihan UMKM kali ini merupakan angkatan ke-7 masing masing angkatan berjumlah 40 orang dan masih ada 3 angkatan lagi,” ulasnya.

Selama pelatihan itu tambahnya, para peserta akan dinilai, siapa yang memperoleh nilai terbaik akan diajak studi banding ke Bandung untuk meningkatkan pengetahuan mereka. "Selain menggelar pelatihan ini, kita juga akan menyerahkan bantuan sapi sebanyak 13 ekor di Kec. Baso, Tilatang Kamang, Palupuh," pungkasnya. (*)

loading...
Reporter : Yursil Masri /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]