Rp3,89 Miliar Dana Zakat Disalurkan Untuk Umat di Pasaman


Selasa, 05 November 2019 - 09:51:39 WIB
Rp3,89 Miliar Dana Zakat Disalurkan Untuk Umat di Pasaman Ketua Baznas Pasaman, Ustadz Syafrizal (kiri) saat bertemu dengan tokoh masyarakat Pasaman sekaligus anggota DPRD Provinsi Sumbar, Benny Utama di rumahnya. YUDHI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Keberadaan lembaga Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman, benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di daerah itu. Sebab, Baznas menjadi lembaga penolong umat yang tengah dihimpit kesusahan hidup dan ekonomi yang serba sulit seperti sekarang ini. 

Butuh modal berusaha, biaya berobat di rumah sakit, santunan untuk fakir (j jompo), rumah tangga miskin, biaya pendidikan anak, bedah rumah untuk rumah tidak layak huni (RTLH) dan lainnya bisa dibantu oleh Baznas. 
Dari informasi yang dihimpun, hingga periode September 2019, tercatat total penerimaan zakat oleh Baznas mencapai Rp4,225 miliar lebih. Dana tersebut disalurkan kepada  5.978 orang warga kurang mampu. 

"Adapun total dana yang sudah kita salurkan berjumlah Rp3,893 miliar. Dana ini kita salurkan kepada warga yang membutuhkan bantuan," ungkap Ketua Baznas Pasaman, Ustadz Syafrizal di Lubuksikaping, Selasa (5/11).

Saat ini, kata dia, Baznas memiliki lima program unggulan, terdiri atas Pasaman Sejahtera, Pasaman Sehat, Pasaman Cerdas, Pasaman Peduli dan Pasaman Imtaq. 

"Jadi, bantuan itu kita serahkan kepada warga sesuai dengan lima program diatas," katanya. 

Syafrizal yang digadang bakal maju di Pilkada 2020 nanti optimis, hingga akhir tahun nanti, Baznas mampu mengumpulkan dana zakat hingga mencapai Rp5 miliar lebih. 

"Melihat antusiasme umat berzakat, Insya Allah kita optimis target Rp5 miliar tahun ini tercapai," katanya.

Syafrizal menambahkan, bahwa penerimaan dana zakat oleh Baznas setempat terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Seperti pada 2017, total penerimaan sebesar Rp3,770 miliar, 2018 Rp4,997 miliar. 

"Untuk 2019 sampai dengan September, penerimaan sudah mencapai Rp4,225 miliar," katanya. (h/yud)

loading...
Reporter : YUDHI /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]