Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS


Selasa, 05 November 2019 - 16:18:08 WIB
Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS Tampak antusias masyarakat Pasaman menyaksikan event TdS etape 2 di depan kantor Bupati, di Lubuksikaping.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman memastikan tahun depan kabupaten itu absen dari penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS). "Tahun 2020 mendatang, Pasaman absen dulu dalam ajang balapan sepeda berskala Internasional ini," ujar Linggoman kepada awak media di Lubuksikaping, kemarin. 

Diakui Linggoman, absennya Pasaman dalam ajang TdS tahun depan bukan karena derasnya kritikan masyarakat karena iven tahunan itu belum memberikan dampak apa-apa terhadap ekonomi dan pariwisata daerah itu. 

"Oh bukan karena itu. Ini dikarenakan proses Pilkada yang bakal dilaksanakan serentak pada tahun 2020 nanti. Keduanya sama-sama agenda besar. Namun, setelah ditimbang-timbang, pemerintah fokus dulu untuk mendukung proses Pilkada,” tegas Linggoman.

Disinggung kontrak keikutsertaan di tahun-tahun selanjutnya, Linggoman belum bisa memberikan keputusan. Hal ini disebabkan situasi dan kondisi pasca Pilkada belum bisa dipastikan. “TdS ini bagus. Dampaknya memang tidak spontan, namun jangka panjangnya banyak manfaat positif yang didapat," ujar mantan kepala sekolah ini.

Etape 2 Tour de Singkarak (TdS) 2019 dari Pasaman dan finish di Bukittinggi baru saja digelar, Minggu (3/11). Start di depan kantor Bupati Pasaman itu memang disaksikan ratusan lebih warga. 

Sebelumnya, sejumlah warga Pasaman mengkritisi penyelenggaraan event TdS di daerah itu. Tujuh kali menjadi tuan rumah bersama menyelenggarakan ajang balap sepeda Internasional itu ternyata belum memberikan dampak apa-apa terhadap perekonomian Pasaman. 

"Sektor pariwisata kita masih seperti itu-itu saja, ndak ada peningkatan. Malah semakin ambruk. Jadi, event TdS ini bagi saya ndak ada gunanya digelar. Contoh itu Pasbar," ungkap salah seorang warga, Asrinal. (*)

loading...
Reporter : Yudhi Lubis /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]