Reses III DPRD Sumbar, Maigus Nasir Jemput Aspirasi Masyarakat Kecamatan Nanggalo


Kamis, 07 November 2019 - 14:41:27 WIB
Reses III DPRD Sumbar, Maigus Nasir  Jemput Aspirasi Masyarakat Kecamatan Nanggalo Anggota DPRD Sumbar Maigus Nasir (kanan) sedang berdiskusi dengan Drs. H. Darmadi salah seorang tokoh masyarakat Nanggalo sekitar setengah jam sebelum acara pertemuan dalam rangka reses III DPRD Sumbar di Aula Kantor Kerapatan Adat (KAN) Nanggalo, Kamis (7/11) dimulai. ANDRI YUSRAN

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Masih belum memadainya infrastruktur seperti jalan, jembatan dan juga belum terpenuhinya sarana prasarana pendidikan dasar dan menengah menjadi keluhan yang disampaikan peserta pertemuan dalam rangka reses III anggota DPRD Sumbar H. Maigus Nasir SPd di auala Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nanggalo Kota Padang, Kamis (7/11).


“Setidaknya dibutuhkan pembangunan dua jembatan baru di Nanggalo, Surau Gadang dan Gurun Laweh,” kata salah seorang peserta pertemuan menyampaikan aspirasinya yang dipandu Drs.H. Darmadi, salah seorang tokoh masyarakat Nagari Nanggalo Kecamatan Nanggalo.

Jembatan Surau Gadang dibutuhkan untuk mengurangi kemacetan yang hampir tiap pagi terjadi terutama di atas jembatan yang menghubungi Surau Gadang dengan Kampung Koto/Sawah Liek. 

Jembatan yang diusulkan pembangunannya itu berdampingan dengan jembatan lama yang hanya bisa dilewati satu mobil.

Usulan pembangunan jembatan tersebut memang sama dengan ide dari Maigus Nasir yang memang lokasi rumah orantuanya tak jauh dari tepi aliran sungai Kuranji tersebut.

“Saya malah beberapa kali menemui peristiwa pengemudi mobil yang bertengkar karena saling terlanjur sudah masuk ke atas jembatan. Kalau jembatannya ditambah satu lagi, maka diharapkan bisa mengurangi kemacetan dan persitegangan urat leher anata pengemudi,” kata Maigus Nasir yang merupakan anggota Komisi V DPRD Sumbar.

Menurut Maigus pembangunan jembatan tersebut memang sudah mendesak, sebab jalur tersebut merupakan jalur alternatif seperti menuju SMA 12 Padang, MAN 2 Padang, MTsN 6 Padang dan sejumlah sekolah lainnya. Malah pembangunan jembatan juga harus dibarengi dengan pelebaran jalan.

Zainal perwakilan kelompok tani berharap perhatian yang sungguh-sungguh dari pemerintah terutama pembenahan irigasi, penyediaan pupuk, bibit yang harganya terjangkau oleh petani. Kalau hal itu tak bisa diatasi, maka kehidupan petani dari bulan ke bulan tetap saja merana.

Lain lagi uneg-uneg yang disampaikan sejumlah kepala SMP dan SD, mereka berharap agar pemerintah bisa melengkapi sarana dan prasarana sekolah seperti komputer dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK), ruang usaha kesehatan sekolah (UKS), mushala, WC dan perlengkapan lainnya.

Dalam pertemuan yang dihadiri lebih dari 300 orang mewakili berbagai unsur seperti kelompok tani, pemuka adat, organisasi perempuan, sejumlah kepala sekolah, waktu yang disediakan untuk menyampaikan uneg-uneg masyarakat tersebut terasa tak cukup, karena sejumlah peserta pertemuan tak bisa lagi tampil karena waktu zuhur sudah masuk.

“Bagi yang belum bisa menyampaikan keluhan, saran dan masukannya pada pertemua ini, saya harap untuk tidak kecewa. Saya menyediakan waktu di luar pertemua ini kepada masyarakat. Bisa menyampaikannya ke kantor DPRD Sumbar atau ke rumahnya di Lolong Karan Sungai Sapih Kecamatan Kuranji.

Camat Nanggalo Teddy Antonius dalam sambutannya mengemukakan pemerintah kecamatan bersama warganya bertekad menjadikan Kecamatan Nanggalo semakin maju. Tak hanya Camatnya yang berprestasi tapi warganya juga harus berprestasi, baik pendidikan maupun perekonomiannya. 

Khusus untuk generasi muda, Camat Nanggalo mengajak semua pihak terutama orang tua, ninik mamak dan pemuka masyarakat untuk bersama-sama melakukan pengawasan terhadap generasi muda agar tak terjerumus pada hal-hal yang tak baik. (h/aye)


Reporter : ANDRI YUSRAN /  Editor : dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 November 2019 - 21:37:08 WIB

    Ratusan Warga Padanggelugur Hadiri Reses Perdana Benny Utama

    Ratusan Warga Padanggelugur Hadiri Reses Perdana Benny Utama PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Ratusan masyarakat Padanggelugur, hadiri reses anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Sumatera Barat, Benny Utama di Sukamulia, Jorong Sentosa, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasam.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM