Dari 68 Koperasi di Sawahlunto, 15 Diantaranya Tak Aktif


Kamis, 07 November 2019 - 14:47:59 WIB
Dari 68 Koperasi di Sawahlunto, 15 Diantaranya Tak Aktif Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti, saat membuka pelatihan bagi pengurus atau pengelola Koperasi, Rabu (6/11). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 15 koperasi di Sawahlunto tidak aktif dari 68 koperasi yang terdaftar. Secara persentase tingkat keaktifan koperasi di Sawahlunto mencapai 83,95 persen. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Koperasi Disperindagkop Sawahlunto, Yosrizal, Rabu (6/11).

Yosrizal mengatakan, berbagai upaya pembinaan terus dilakukan pihaknya, guna meningkatkan eksistensi koperasi yang ada, untuk terus bergerak demi kesejahteraan anggota dan masyarakat lainnya. 

"Salah satunya kegiatan pelatihan Akuntansi - Laporan Keuangan Koperasi dan Penyusunan Standar Operasi Prosedur (SOP) Koperasi, yang menghadirkan narasumber dari Bidang Peningkatan Lembaga Diklat Koperasi Kementerian Koperasi dan UKM dan praktisi koperasi lainnya, pada 6 - 9 November 2019. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi pengurus atau pengelola koperasi yang ada dikota ini," katanya.

Peserta pelatihan lanjutnya, diikuti oleh 60 orang yang terbagi, 30 orang untuk pelatihan Akuntansi - Laporan Keuangan dan 30 orang untuk pelatihan penyusunan SOP. 

"Semua peserta merupakan pengurus/pengelola aktif koperasi di seluruh koperasi Kota Sawahlunto," ujarnya.

Sementara Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti yang membuka.kegiatan tersebut berpesan agar peserta dapat memaksimalkan kesempatan mengikuti pelatihan tersebut sehingga materi - materi yang disampaikan narasumber dapat terserap maksimal.

"Selama ini, ada sejumlah keterbatasan pengelolaan koperasi kita, antara lain mutu Sumber Daya Manusia (SDM) dalam manajemen, dan lainnya. Dengan pelatihan kualitas manajemen pengurus bisa ditingkatkan," katanya.

Zohirin juga menilai pentingnya peran koperasi dalam membantu masyarakat menghadapi rentenir. Saat ini lanjutnya, banyak warga yang terjerat hutang dengan rentenir, untuk itu dengan kehadiran koperasi yang lebih profesional, maka masyarakat akan punya pilihan dan tidak akan meminjam pada rentenir. (h/rki)

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]