Parah..!! SPBU Lunang Pessel Ini Malah Utamakan Pembelian Lewat Jeriken


Kamis, 07 November 2019 - 18:38:48 WIB
Parah..!! SPBU Lunang Pessel Ini Malah Utamakan Pembelian Lewat Jeriken Terlihat petugas SPBU saat mengisi tumpukan Jeriken jenis Solar di Silaut yang siap angkut menggunakan Carry Pick Up.

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pelayanan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, dikeluhkan pengendara. Pasalnya, Pom Bensin ini lebih mengutamakan pengisian Jeriken ketimbang pengendara motor atau mobil.

Afriyul Efendi (42) salah satu pengendara mobil yang hendak mengisi BBM jenis Solar mengaku tidak dapat kesempatan untuk mengisi tangki mobilnya, meski ia sudah lama mengantri.

"Setiap saya singgah di SPBU ini, selalu kehabisan bahan bakar jenis Solar. Bahkan, petugasnya bilang BBM jenis Premium sudah 2 bulan lebih tidak masuk," ujarnya pada wartawan.

Ia menyebutkan, pihak SPBU setiap hari lebih mengutamakan melayani pembelian dengan Jeriken yang diduga milik oknum tertentu kemudian dimuat kedalam mobil carry pick up, Avanza, hingga truk.

"Kami masyarakat biasa tentu juga butuh Solar. Sebab, itu minyak subsidi. Kadang mengantri dari sore hingga malam tidak juga dapat stok Solar karena titipan Jeriken yang diutamakan," ucapnya.

Ia berharap, penyaluran BBM subsidi jenis Solar, idealnya lebih mengutamakan kepada masyarakat yang membutuhkan, bukan sebaliknya untuk dijual kembali atau pendistribusian yang tidak tepat sasaran.

"Atas kejadian ini, saya bakal melapor ke pihak terkait. Sebab, ini sangat merugikan kami selaku pengendara," katanya lagi.

Pengendara lainnya, Ujang (52) seorang supir truk juga mengeluhkan hal serupa. Menurut dia, kondisi tersebut bukan untuk yang pertama kali terjadi melainkan sudah sejak lama.

"Ya, sepertinya sudah menjadi hal biasa. Bahkan saya sudah sering melihat petugas SPBU lebih sibuk mengisi Jeriken yang dititip ketimbang pengendara. Kita masyarakat biasa tidak bisa apa-apa," tuturnya.

Ia menduga, puluhan Jeriken tersebut milik para penimbun BBM jenis Solar di daerah setempat. Bahkan diantara sebagian mobil yang mengisi solar diduga dibeking oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Ya, saya menduga ada oknum tertentu yang bermain. Makanya Solar disini cepat habis," ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Lunang Iptu Rahmadi, mengakui pasokan Solar untuk Kecamatan Lunang memang sudah berkurang sejak lama. Bahkan, mobil tangki Pertamina yang mengangkut BBM jenis Solar untuk daerah itu hanya setengah saja, selebihnya untuk daerah Bengkulu.

"Sebenarnya persoalan ini sudah se Indonesia. Sehingga banyak yang memanfaatkan momen tersebut, termasuk masyarakat kita," katanya.

Terkait pengawasan, pihaknya mengaku setiap malam sudah melakukan patroli dilapangan. Namun, ketika petugas datang masyarakat yang mengisi Jeriken tidak kelihatan satupun di lokasi, seakan masyarakat dengan polisi main kucing-kucingan.

"Saya tegaskan pihak kami tidak ada yang membackup atau bermain. Silahkan tanya sama pengusaha SPBU. Jika kondisi ini merugikan pengendara, ya tutup saja," ucapnya menegaskan.

Untuk diketahui, berdasarkan Perpres 15 Tahun 2012, SPBU boleh menjual bensin atau solar dengan jerigen kepada usaha mikro, nelayan kecil dan petani. Namun, pembelinya harus mempunyai surat keterangan dari satuan kerja perangkat daerah setempat.

Disamping itu, Peraturan Menteri ESDM Nomor 8 Tahun 2012 memuat larangan dan keselamatan dalam pembelian BBM menggunakan Jeriken. Peraturan ini juga menerangkan secara detail tentang konsumen pengguna.

Sementara, Pertamina melarang konsumen membeli bahan bakar minyak (BBM) di SPBU dengan maksud untuk dijual kembali. Larangan tersebut tertuang dalam undang-undang nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas.

Siapa saja yang memperjualbelikan kembali BBM tersebut, melanggar aturan niaga BBM, pasal 53 UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Migas dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara, dan denda maksimal Rp 30 miliar. (h/kis)

 

 

 

 

Reporter : Okis /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]