Polisi Amankan Puluhan Paket Sabu di Pasaman


Jumat, 08 November 2019 - 13:55:07 WIB
Polisi Amankan Puluhan Paket Sabu di Pasaman Tersangka saat diamankan petugas bersama barang bukti narkotika. IST

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Puluhan paket narkotika jenis sabu dan ganja, berhasil diamankan jajaran Polsek Tigonagari, Kabupaten Pasaman, Kamis (7/11) sore kemarin. Puluhan paket narkotika itu, terdiri dari 4 paket besar dan 49 paket kecil sabu serta satu paket kecil ganja. 

Puluhan paket narkotika bernilai puluhan juta rupiah itu diamankan dari sebuah pondok kebun sawit di Kampung Anak Aia Kasiak, Jorong Padang Sawah, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari. Dua tersangka, diduga sebagai pemilik sabu berhasil diamankan petugas. 

Kedua tersangka, yaitu Juliadi (34), warga Gudang, Jorong Koto Gadang, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palambayan, Agam dan Nasrul (40), warga Batang Timah, Jorong Bandua Balai, Nagari Kinali, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. 

Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya melalui Kasatresnarkoba, Iptu Syafril Munir mengatakan, para tersangka  diamankan saat sedang asyik berpesta narkoba disebuah pondok kebun sawit. 

"Para tersangka yang bekerja sebagai sopir ini bukan warga Pasaman. Mereka hanya datang dan berpesta sabu di TKP," ujar Syafril Munir saat dihubungi Haluan.com, Jumat (8/11).

Dikatakan, penangkapan berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang diterima oleh Polsek Tigonagari terkait adanya tindak pidana penyalahgunaan narkotika di wilayah hukumnya. 

"Oleh Kapolsek Iptu Tirto Edhi beserta jajaran, informasi itu pun langsung ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan ke TKP. Ternyata memang benar ditemukan para pelaku yang sedang pesta Narkotika jenis shabu," katanya. 

Saat dilakukan penggeledahan oleh petugas di TKP, dua dari empat tersangka lainnya berhasil kabur dari sergapan petugas. Namun, identitas salah satu tersangka tersebut sudah dikantongi. 

"Dua pelaku berhasil diamankan, dua kabur. Epi Rianto (39), Warga Jorong Kayu Pasak, Silareh Aie, Kecamatan Palembayan, Agam salah satu tersangka yang melarikan diri," ungkap Iptu Syafril Munir. 

Pihaknya, kata dia, langsung melakukan pengejaran terhadap pelaku Epi, dengan mendatangi rumah istri dan orang tuanya, berkoordinasi dengan Polsek Palembayan, namun hasilnya masih nihil. 

"Meski belum ditemukan, tersangka Epi alias Silai yang melarikan diri saat penangkapan di TKP masih terus kita kejar," tutur Munir.

Selanjutnya, kedua tersangka yang  berhasil ditangkap beserta 19 barang bukti berupa narkotika, alat hisap, kaca pirek, 130 helai plastik klep dan empat unit handphone dibawa ke Polres Pasaman untuk dilakukan proses sesuai hukum yang berlaku. 

"Kalau untuk pengedar bisa seumur hidup atau paling lama 20 tahun dan paling singkat 6 tahun ancaman hukumannya," ujar Iptu Syafril Munir. (h/yud)

 


Reporter : Yudi Lubis /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM