Pemerintah Malaysia Izinkan Warganya Tanam Ganja


Jumat, 08 November 2019 - 14:48:54 WIB
Pemerintah Malaysia Izinkan Warganya Tanam Ganja Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Malaysia resmi mengizinkan budidaya rami, sejenis tanaman ganja, untuk tujuan penelitian, demikian kata Menteri Kesehatan Malaysia, dr Seri Dzulkefly Ahmad.

Dia mengatakan pengizinan ini berdasarkan Bagian 6B (2) UU Dangerous Drugs 1952 di mana Menteri Kesehatan memiliki wewenang untuk memungkinkan budidaya rami untuk produksi serat dan biji-bijian semata-mata untuk tujuan non-komersial.

"Namun, tanggal implementasi belum diputuskan. Itu tergantung pada diskusi dengan Kementerian Air, Tanah dan Sumber Daya Alam," katanya dikutip dari Malay Mail.
Meski demikian, pemerintah Malaysia masih sangat berhati-hati dalam merumuskan pengesahannya karena mereka takut akan ada pihak yang tidak bertanggung jawab menyalahgunakan hak istimewa ini.
"Kami menyadari bahwa banyak orang yang senang dengan peluang baru ini dan kami tidak ingin menjadi penghalang. Kami berusaha menemukan cara untuk membuatnya lebih mudah dan mendiskusikan hal ini dalam pertemuan Kabinet," tambahnya.

Sementara itu, direktur senior Program Layanan Farmasi di Kementerian Kesehatan Malaysia, dr Ramli Zainal mengatakan ada banyak prosedur operasi standar yang harus disusun setelah persetujuan yang diberikan untuk budidaya rami.

"Ini termasuk siapa yang bisa mengimpornya, siapa yang bisa menanamnya, jenis tanah apa yang cocok, berapa banyak lapisan dan seberapa tinggi pagar," pungkas dr Ramli.(*)


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 27 Oktober 2019 - 10:47:40 WIB

    Presiden Cile Bubarkan Pemerintahan, Apa yang Terjadi?

    Presiden Cile Bubarkan Pemerintahan, Apa yang Terjadi? SANTIAGO, HARIANHALUAN.COM - Presiden Cile Sebastian Pinera membubarkan seluruh kabinetnya pada Sabtu (26/10) setelah demonstrasi meluas. Dia kemudian membentuk pemerintahan baru dan memperkenalkan reformasi sosial yang dimin.
  • Ahad, 21 Juli 2019 - 23:06:00 WIB

    Demo Anti Pemerintahan China Makin Meluas di Hong Kong

    Demo Anti Pemerintahan China Makin Meluas di Hong Kong HONG KONG, HARIANHALUAN.COM—Demo besar anti-pemerintah yang dipicu oleh kemarahan rakyat yang meningkat selama bertahun-tahun atas pemerintahan China kembali muncul di Hong Kong, Minggu (20/7/2019)..
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 22:37:13 WIB

    YLBHI Nilai Pemerintah  Sembarangan Gunakan  Pasal Makar

    YLBHI Nilai Pemerintah  Sembarangan Gunakan  Pasal Makar JAKARTA, HARIANHALUN.COM- Dalam KUHP asli yang bersumber dari Belanda, makar adalah Anslaag yang berarti serangan. Ketua Umum Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI) Asfinawati menjelaskan,  dikatakan makar apabila ada seranga.
  • Rabu, 14 Oktober 2015 - 19:25:55 WIB

    Pemerintah Diminta Kurangi Target Pajak

    PADANG, HALUAN — Ketua Kamar Dagang dan Industri Sumatera Barat Asnawi Bahar meminta pemerintah mengurangi target penerimaan pajaknya, sehingga iklim usaha di Tanah Air bisa lebih kondusif.

    “Selama ini pengusah.

  • Kamis, 20 Agustus 2015 - 17:49:26 WIB

    Pemerintah Diminta Perhatikan Aspek Teknis

    RUPIAH MELEMAH

    PADANG, HALUAN— Me­lemahnya nilai tukar rupiah membuat pere­kono­mian nasional semakin berat. Dari pemberitaan yang disiarkan sejumlah televisi nasional Ka­mis.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM