260 Kafilah Ikuti MTQ ke-45 Tingkat Kecamatan Lembah Segar


Jumat, 08 November 2019 - 16:18:59 WIB
260 Kafilah Ikuti MTQ ke-45 Tingkat Kecamatan Lembah Segar Penyerahan trofi bergilir MTQ Tingkat Kecamatan Lembah Segar oleh Wawako, Zohirin Sayuti kepada Camat Lembah Segar, Afriandes. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) Nasional ke 45 tingkat Kecamatan Lembah Segar resmi ditabuh, 8 - 9 November 2019 di Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan. Dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Jumat (9/11).

Ketua Panitia Fahmil Umri didampingi Camat Lembah Segar, Afriandes menyebutkan, MTQ kali ini diikuti oleh 260 peserta dan 110 offisial dari 11 Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Lembah Segar. Bertindak sebagai tuan rumah Kelurahan Kubang Sirakuk Selatan.

"MTQ ke 45 ini diharapkan dapat lebih merajut ukhuwah Islamiyah antar desa dan kelurahan yang ada, sekaligus untuk mendukung program keagamaan yang terangkum dalam visi dan misi Pemerintah Daerah," katanya didampingi Sekretaris Camat, Subandi.

Selain itu juga lanjutnya, upaya menggalakkan gerakan gemae baca Alquran serta meningkatkan pemahamannya dalam menuju baldatun thayyibatun wa raabun ghafur.

Didalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Sawahlunto diwakili Kasi Bimas Islam, Adrimas menambahkan, MTQ ke 45 tingkat Kecamatan Lembah Segar merupakan pelaksanaan MTQ ke 3 dsri empat Kecamatan dikota ini. Sebelumnya, Kecamatan Talawi dan Kecamatan Silungkang telah terlebih dahulu melaksanakannya.

"Momentum MTQ harus menjadi evaluasi bersama, dalam mengaplikasikan aktivitas membaca Alquran atau mengaji dalam kehidupan sehari hari," ujarnya.

Sementara Wakil Walikota, Zohirin Sayuti dalam sambutannya mengatakan, pembinaan bidang keagamaan, merupakan visi misi utama dari pemerintahan kota Sawahlunto saat ini. Pemerintahan menilai, bidang keagamaan merupakkan tonggak dalam membentuk sendi sendi kehidupan masyarakat yang baik menuju kesejahteraan. Untuk itu lanjutnya, sangat penting rasanya MTQ diselenggarakan setiap tahunnya untuk meningkatkan seni baca Alquran masyarakat, disamping itu juga upaya untuk memahami arti, makna dan isi kandungannya.
"Jika hal itu dapat dilaksanakan dengan baik, maka Alquran benar benar dapat menjadi pedoman hidup dan landasan moral dalam menjalankan aktivitas kehidupan secara individu dan masyarakat dalam menjalankan aktivitas kehidupan," katanya.

Saat ini lanjut, Pemko tengah mendorong lahirnya pondok atau rumah tahfiz untuk meningkatkan pengamalan dan pembinaan Agama ditengah tengah kehidupan masyarakat. Saat ini telah hadir 8 rumah tahfiz yang tersebar di empat Kecamatan yang ada.
"Tahap awal, masing-masing dua rumah tahfidz di setiap kecamatan mendapatkan bantuan berupa jasa terhadap guru tahfidz sebesar Rp1,5 juta. Dengan penyerahan yang dilakukan setiap tiga bulan sekali," katanya. (h/rki)

 


Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 27 Mei 2019 - 16:29:46 WIB

    260 Personel Gabungan Kota Sawahlunto Siap Amankan Lebaran

    SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Resor Sawahlunto turunkan 90 personel dan didukung 170 instansi samping dalam pengamanan dan pelayanan Idul Fitri 1440 hijriah di Kota Sawahlunto. Selain itu, Polres Sawahlunto mendi.
  • Jumat, 05 Mei 2017 - 01:27:17 WIB

    260 CJH Pasbar Lakukan Cek Kesehatan

    260 CJH Pasbar Lakukan Cek Kesehatan PASBAR, HALUAN - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Kesehatan setempat melakukan pengukuran kebugaran dan kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) di halaman kantor bupati setempat, Kamis (4/5)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM