Tak Enak Tolak Teman yang Mau Ngutang? Ini Tipsnya


Sabtu, 09 November 2019 - 13:18:03 WIB
Tak Enak Tolak Teman yang Mau Ngutang? Ini Tipsnya Ilustrasi

FINANSIAL, HARIANHALUAN.COM - Tidak jarang ditemui teman dekat atau keluarga datang untuk minta bantuan pinjaman uang. Hal ini terkadang membuat dilema, terlebih bila orang yang meminjam susah ditagih.

Di sisi lain, Anda punya uang tapi sudah ada rencana untuk kebutuhan lain. Lantas harus gimana?

Perencana Keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie menyarankan, ketahui uang tersebut untuk apa sehingga mereka harus berutang. Jika memang untuk kebutuhan mendesak, pertimbangkan untuk Anda membantu semampunya.
"Jika memang mereka kesulitan akibat musibah, mungkin pertimbangkan bantuan semampunya. Jika tidak, tidak masalah kok mau menolak," kata Prita kepada detikcom melalui pesan singkat, Sabtu (9/11/2019).

Sementara Perencana Keuangan Financial Consulting Eko Endarto mengatakan, jika tidak mau memberikan utang bisa beralasan bahwa Anda sedang tidak punya uang.

"Kalo memang tidak berniat untuk minjemin, sebaiknya bilang aja nggak ada uang. Dia kan nggak tahu kita punya uang apa nggak. Cuma dia berspekulasi saja moga-moga dapet," kata Eko saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/11/2019).
Untuk membuat orang yang mau ngutang percaya bahwa Anda sedang tidak punya uang, jangan perlihatkan status atau unggahan seperti Anda sedang berlibur atau jalan-jalan.

"Jangan pernah memperlihatkan kita punya uang. Misalnya dengan selfie dimana-mana, jalan-jalan kemana, ya terlihat kita punya uang kan," saran Eko.

Menurut Eko, orang akan sering berutang jika pernah dipinjamkan uang oleh orang tersebut. Sehingga, jika Anda memberikan utang sekali, mereka akan terus-terusan berutang kepada Anda.

"Orang mau minjem ke kita karena punya historical bahwa mereka pernah dapat dari kita. Sehingga itu yang membuat orang itu jadi gampang. Ketika dapet terus-terusan jadinya," katanya.(*)


 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 24 Oktober 2019 - 13:38:04 WIB

    Sri Mulyani Menteri yang Tak Punya Mobil Pribadi

    Sri Mulyani Menteri yang Tak Punya Mobil Pribadi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju, Sri Mulyani diketahui tak memiliki mobil atas nama pribadinya. Terungkap dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dirilis Komisi Pembe.
  • Sabtu, 19 Oktober 2019 - 11:18:10 WIB

    Ow ow... Ini Lho Trik Rahasia Memasak Jengkol Agar Tak Berbau

    Ow ow... Ini Lho Trik Rahasia Memasak Jengkol Agar Tak Berbau JAWA BARAT, HARIANHALUAN.COM - Jengkol memiliki aroma yang khas, ada yang suka, ada juga yang tidak suka karena memiliki bau yang cukup menyengat. Tapi tahu nggak sih bau jengkol bisa dihilangkan melalui trik memasak yang tep.
  • Sabtu, 21 Mei 2016 - 04:03:58 WIB

    Takut Jarum Suntik Bisa Jadi Fobia Turunan

    Takut Jarum Suntik Bisa Jadi Fobia Turunan JAKARTA, HALUAN — Tak jarang anak-anak menangis saat pergi ke dokter dan tahu akan disuntik. Jangan memarahi anak jika kondisinya demikian. Karena sebagian besar anak memiliki rasa takut terhadap jarum suntik disebabkan fob.
  • Selasa, 05 Januari 2016 - 03:00:06 WIB

    Bila Bayi tak Diberi ASI Ekslusif

    Pertumbuhan adalah aspek kuantitas si kecil, serta meliputi sedikitnya berat badan, panjang atau tinggi badan, dan lingkar kepala. Sedangkan perkem­bangan adalah aspek ku­alitatif anak, yakni inte­legensia, sosial emosi, k.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM