Heboh Kamera di Toilet Mahasiswi Makassar, Ini Cara Deteksinya


Sabtu, 09 November 2019 - 17:06:33 WIB
Heboh Kamera di Toilet Mahasiswi Makassar, Ini Cara Deteksinya Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada temuan kamera di toilet mahasiswi di salah satu kampus di Makassar, Sulsel, dan kini kasusnya ditangani polisi. Nah buat kamu yang merasa khawatir mengalami hal serupa, ini tipsnya.

Dikutip dari WikiHow berikut ini beberapa cara untuk mendeteksi ada tidaknya kamera tersembunyi.
1. Cek area yang mencurigakan

Cari secara fisik, maksudnya adalah dengan manfaatkan panca indera kita. Dengarkan apakah ada suara bising atau buzz, klik, dan sejenisnya. Pencarian pada malam hari atau saat suasana sedang sepi biasanya lebih memudahkan.

Selain itu perhatikan sekeliling. Smoke detector bisa jadi tempat untuk meletakkan kamera atau microphone tersembunyi. Biasanya akan mudah menemukan apakah ada microphone atau kamera yang tersembunyi.

Kadang juga disembunyikan pada benda mencurigakan dan berkaca, pastikan adakah benda yang memiliki permukaan kaca atau bahkan lensa.

2. Adakah sinar-sinar?

Cahaya akan memantul dari perangkat atau lensa yang terpasang pada kamera, sehingga lebih mudah untuk diperhatikan.

Setelah kamu mengidentifikasi, lihat lebih dekat objek tersebut untuk memastikan apakah itu mungkin sebuah kamera. Beberapa objek reflektif akan mengeluarkan cahaya pada kamera tersembunyi.

Beberapa kamera mungkin juga memiliki lampu LED kecil yang akan aktif dalam gelap.

3. Gunakan smartphone

Gunakan kamera digital atau smartphone untuk mencari infrared. Sebagian besar ponsel dan kamera digital dapat melihat cahaya inframerah yang tidak terlihat oleh mata manusia, dan yang dapat digunakan oleh kamera tersembunyi.

Pindai kamera Anda di sekitar ruangan dan lihat melalui layar untuk mencari sumber cahaya atau kilatan tak terduga, yang mungkin mengarah ke kamera tersembunyi.

4. Perhatikan WiFi
Cari sinyal WiFi aneh di ponsel atau perangkat lain. Beberapa kamera dan mikrofon modern akan mengirimkan data melalui internet, yang berarti mereka dapat diakses dari hampir di mana saja.

Namun, ada juga yang membutuhkan sinyal Wi-Fi untuk mentrasnfer karena itu perhatikan apakah ada WiFi yang mencurigakan. Semoga bermanfaat. (*)

loading...
 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Mei 2020 - 06:35:27 WIB

    Heboh Soal Pria Penjelajah Waktu, Ramal Nasib Buruk Donal Trump

    Heboh Soal Pria Penjelajah Waktu, Ramal Nasib Buruk Donal Trump HARIANHALUAN.COM -- Sebuah cuitan dari tahun 2015 mendapat perhatian setelah disebut 'hampir akurat' mendeskripsikan kondisi kurang baik di tahun 2020 ini. Cuitan itu ditulis oleh Drew Curtis, Founder Fark.com yang juga menga.
  • Senin, 11 Mei 2020 - 12:20:01 WIB

    Sempat Heboh, Aplikasi 'Pencatat Dosa-Pahala' Ditarik Playstore

    Sempat Heboh, Aplikasi 'Pencatat Dosa-Pahala' Ditarik Playstore Aplikasi Raqib Atid yang dikembangkan oleh Mahmud Fauzi dan sempat membuat heboh warga Indonesia per hari ini, Senin (11/5), sudah tidak ditemukan lagi di Google Play Store..
  • Ahad, 15 Desember 2019 - 03:22:12 WIB

    Heboh WhatsApp Dikloning..!!

    Heboh WhatsApp Dikloning..!! JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kabar lain soal WhatsApp yang tak kalah heboh adalah chat WhatsApp yang digunakan sebagai alat bukti indikasi selingkuh ustaz kondang tanah air di Pengadilan. Tergugat mengakui chat itu didapat dar.
  • Ahad, 17 November 2019 - 08:43:28 WIB

    Heboh Asteroid Tabrak Bumi Bulan Desember, Ini Faktanya

    Heboh Asteroid Tabrak Bumi Bulan Desember, Ini Faktanya SAINS, HARIANHALUAN.COM - Belum lama ini, dikabarkan oleh media asal Inggris, Express, bahwa ada ancaman besar asteroid yang berpotensi menghantam Bumi pada sekitar akhir Desember. Apakah benar?.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 09:16:58 WIB

    Heboh Lem 82,8 Miliar..! Ditemukan Kesalahan Input ke Website Pemprov DKI

    Heboh Lem 82,8 Miliar..!  Ditemukan Kesalahan Input ke Website Pemprov DKI JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemprov DKI temukan kesalahan input Anggaran Alat Tulis Kantor (ATK) berupa lem aibon yang mencapai Rp82,8 miliar  di Kebijakan Umum APBD Plafon Prioritas Sementara (KUAPPAS) 2020  yang ditayangkan.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]