Keren..! Iriana, Burung Pengisap Madu Jadi Ikon Satwa Nasional 2019


Ahad, 10 November 2019 - 06:34:06 WIB
Keren..!  Iriana, Burung Pengisap Madu Jadi Ikon Satwa Nasional 2019 Burung Pengisap Madu yang Dinamai Iriana Jadi Ikon Satwa Nasional 2019Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2019 (Foto: Dok. KLHK)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Burung pengisap madu asal Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang nama ilmiahnya memakai nama Ibu Negara, Iriana, diumumkan sebagai Ikon Satwa Nasional 2019.

"Telah terpilih sebagai Ikon Puspa Nasional Tahun 2019 adalah Saninten (Castanopsis argentea) dan sebagai Ikon Satwa Nasional yaitu Burung Isap Madu Rote (Myzomela irianawidodoae)," demikian  Menteri LHK Siti Nurbaya dikutip detik.com, Minggu.

 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2019. 
Acara ini digelar di Area Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat dengan mengangkat tema 'Membangun Generasi Milenial Cinta Puspa dan Satwa Nasional untuk Indonesia Unggul'. Penetapan Ikon Puspa dan Satwa ini untuk memperkenalkan serta mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan keanekaragaman hayati sebagai aset yang harus dijaga dari kepunahan di habitat aslinya di alam Indonesia.

Burung Isap Madu Rote ditemukan peneliti biologi LIPI pada Okober 2017 lalu. Habitat burung kecil berukuran panjang tubuh 11,8 cm ini berada di hutan, semak-semak, kebun, dan pohon yang sedang berbuah. Ia juga menyukai serangga kecil seperti laba-laba.


"Pemberian nama Ibu Negara atas burung ini sebagai wujud penghargaan kepada Ibu Iriana Joko Widodo, yang dinilai sangat memperhatikan kehidupan burung. Burung Iriana ini masuk dalam keluarga Meliphagidae di mana semua jenisnya merupakan burung dilindungi. Ancaman burung ini cukup tinggi, karenanya para peneliti merekomendasikan agar IUCN (Badan Konservasi Dunia) agar memasukkannya dalam kategori rentan/vurnerable," bebernya.
Sementara pohon saninten ialah pohon yang tumbuh di hutan campuran tajuknya lebat dengan buah mirip rambutan. Namun rambut pada buah Saninten sangat keras.

"Untuk membukanya diperlukan alat pemukul. Buah Saninten sangat disukai monyet dan aman dikonsumsi oleh manusia. Buah Saninten yang matang akan pecah dengan sendirinya. Di masa lampau, anak-anak di Jawa Barat mencari buah Saninten di hutan sambil bermain," demikian kata KLHK seperti diunggah dalam Instagram-nya.

Pameran Kehati Nusantara Expo 2019 diselenggarakan pada 8 November-8 Desember. Selain pameran, serangkaian kegiatan juga akan diselenggarakan di antaranya meliputi pementasan seni, lomba melukis dan mewarnai, lomba desain filateli/perangko, lomba fotografi dan lain sebagainya.(dtc)
 

 Sumber : Detik.Com /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 19 Februari 2020 - 06:21:02 WIB

    Keren..! Jemaah Haji Indoneia Bisa Tarik Tunai di Arab Saudi

    Keren..! Jemaah Haji Indoneia Bisa Tarik Tunai di Arab Saudi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- PT Artajasa Pembayaran Elektronis bekerja sama dengan Al-Rajhi Bank asal Malaysia memperluas jaringan ATM Lintas Batas (crossborder) di Wilayah Arab Saudi. Dengan kerja sama tersebut, jemaah h.
  • Jumat, 31 Januari 2020 - 01:12:47 WIB

    Keren..! Rendang Diusulkan Sebagai Cadangan Makanan Saat Bencana

    Keren..! Rendang Diusulkan Sebagai Cadangan Makanan Saat Bencana PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunas mengusulkan rendang sebagai cadangan makanan saat bencana. Rendang jauh lebih bergizi dan tahan lama..
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 10:47:44 WIB

    Keren..! Ini Dia TNBK Khusus Kendaraan Listrik

    Keren..! Ini Dia TNBK Khusus  Kendaraan  Listrik OTOMOTIF,HARIANHALUAN.COM-Plat Nomor atau Tanda  Kendaraan Bermotor (TNKB) khusus untuk kendaraan listrik, segera diterbitkan Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri)..
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 14:24:29 WIB

    Wah Keren..! Jokowi Datang, Kapal China Kabur dari Laut Natuna

    Wah Keren..! Jokowi Datang,  Kapal China Kabur dari Laut Natuna JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-TNI memastikan tak ada lagi nelayan China yang melakukan illegal fishing di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia pascakunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Natuna. TNI mengatakan kunj.
  • Rabu, 17 Juli 2019 - 22:23:45 WIB

    Keren..! Ada ATM Beras untuk Kaum Duafa di Kabupaten Ini

    Keren..! Ada ATM  Beras untuk Kaum Duafa di Kabupaten Ini SIAK, HARIANHALUAN.COM - Bupati Siak Alfedri mengatakan keberadaan ATM beras di Siak guna mempermudah kaum duafa mendapatkan haknya. Khususnya yang terdata oleh masing-masing UPZ pada masing-masing kampung..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]