Fix..!! Kuota Dibatasi Penyebab Antrean Panjang di SPBU di Solok


Ahad, 10 November 2019 - 19:03:52 WIB
Fix..!! Kuota Dibatasi Penyebab Antrean Panjang di SPBU di Solok Ilustrasi

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Antrean panjang masih mewarnai pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar disejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota dan Kabupaten Solok. Antrean itu dipicu karena kuota kedua jenis BBM itu yang dibatasi.

Pantauan Haluan.com disejumlah SPBU di Kota dan Kabupaten Solok, Sabtu (10/11), terlihat antrean kendaraan dari berbagai jenis itu sudah mengganggu arus lalu lintas karena badan jalan tersedot kendaraan yang hendak  mendapatkan BBM.

Kendati di Kota Solok ada 3 buah SPBU dari 4 buah karena 1 buah pensium, tidaklah mengurangi kemacetan di jalan raya karena kendaraan berlapis menunggu giliran. Tidak hanya solar yang jumlahnya menipis namun juga BBM jenis premium.

Terbatasnya pasokan BBM itu sudah dikeluhkan pemilik kendaraan sejak 1 bulan terakhir ini. Namun kerena tidak ada pilihan lain, sopir rela mengantri berjam-jam di SPBU. Bahkan saat solar habis, sopir rela bermalam di SPBU unruk mendapatkan bahan bakar.

“Ya.. Saya harus bermalam di SPBU karena bahan bakar sudah habis, menjelang masuknya bahan bakar dari Padang karena jika dipaksakan melanjutkan perjalanan le Padang. Takut BBM kandas di jalan,” jelas Anto, seorang sopir truk membawa batubara pada Haluan.com di SPBU bypss KTK Kota Solok.

Anto yang sudah lama membawa batubara ke Padang ini mengaku sangat heran solar langka. Pasalnya, baru kali ini bahan bakar minyak itu menghilang dari pasaran. Selama ini yang sering tersendat-sendat itu premium, namun premium bisa diganti dengan pertalite.

Tersendatnya masuk solar ke SPBU di Kota Solok dan Kabupaten Solok bukanlah permainan SPBU melainkan karena jatah pasokan dikurangi dari Padang.

“Ya benar. Kami hanya dapat jatah solar 1 tangki/hari. Delifery Order (DO) sudah diberikan untuk 4 tangki. Namun yang masuk hanya 1 tangki,” ujar manejer SPBU baypass KTK Kota Solok, Wendi pada Haluan.com.

Hampir setiap hari suasana antrean panjang di SPBU menghiasi seluruh wilayah di Sumbar ini. Termasuk Kota Solok dan Kabupaten Solok. (h/alf)


Reporter : Alfian /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM