Rusdy Nurman dari Demokrat, Resmi Jabat Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi


Rabu, 13 November 2019 - 16:10:13 WIB
Rusdy Nurman dari Demokrat,  Resmi Jabat Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi, melantik Rusdy Nurman sebagai Wakil Ketua II DPRD Kota Bukittinggi. (foto GATOT-Harianhaluan.Com)

BUKITTINGGI,HARIANHALUAN.COM- Sempat mengalami kekosongan selama 1 setengah bulan, kursi unsur pimpinan Wakil Ketua II DPRD Kota Bukittinggi resmi diisi oleh Partai Demokrat.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024, yang juga selaku Ketua DPC Partai Demokrat Bukittinggi, Rusdy Nurman,  resmi dilantik sebagai Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD  Bukittinggi yang berlangsung digedung dewan setempat, Selasa (12/11).

Rusdy Nurman dilantik oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi, dan disaksikan oleh Pimpinan dan anggota DPRD Bukittinggi, anggota DPRI RI  Mulyadi, anggota DPRD Sumbar, Ismet Amzis, Wakil Walikota, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, Niniak Mamak dan Bundo Kanduang serta tamu undangan lainnya.

Pengangkatan Rusdy Nurman sesuai dengan surat DPC Partai Demokrat Nomor 099/DPC.PD?BKT/VIII/2019 tanggal 1 November 2019, dan SK  DPP Partai Demokrat Nomor 454/SK/DPP.PD/X/2019 tanggal 31 Oktober 2019, serta berdasarkan Keputusan Gubernur Sumbar Tahap II Nomor 171-841-2019 tanggal 8 November 2019, tentang  pengangkatan pimpinan DPRD Bukittinggi.

“Alhamdulillah, dengan telah dilantiknya Rusdy Nurman sebagai Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi, maka lengkap sudah unsur pimpinan DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024, yakni 1 orang Ketua dari Partai Gerindra, dan 2 orang Wakil Ketua, masing masingnya dari partai PKS dan Demokrat,” ujar Ketua DPRD Bukittinggi Heman Sofyan dalam kegiatan pelantikan tersebut.


Herman Sofyan mengatakan, sebelumnya  dua dari tiga orang unsur  pimpinan definitif  DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024,  telah dilantik oleh  Ketua Pengadilan Negeri Bukittinggi dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD  pada 26 September 2019.

Dua  orang unsur pimpinan DPRD  yang dilantik saat  itu  yakni Herman Sofyan dari Gerindra sebagai Ketua DPRD, dan Nur Hasra dari  PKS  sebagai  Wakil Ketua. 

Sedangkan satu kursi lagi untuk unsur pimpinan Wakil Ketua II dari Partai Demokrat belum bisa dilantik, berhubung belum adanya nama calon yang diajukan, karna  masih menunggu keputusan DPP Demokrat.

Mempedomani pasal 111 Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014, tentang pemerintahan daerah, bahwa pimpinan DPRD berasal dari partai politik pemenang pemilu berdasarkan perolehan kursi terbanyak di DPRD. Dalam hal ini  untuk DPRD Kota Bukittinggi,  Partai Gerindra  memperoleh 5 kursi, Partai PKS   5 kursi, dan Parati Demokrat 4 kursi.

“Sejak 25 orang anggota DPRD Bukittinggi dilantik pada 7 Agustus 2019, maka resmilah kami menyandang amanah masyarakat Kota Bukittinggi, dengan fungsi penganggaran, pengawasan,dan pembentukan Perda. Dengan telah dilantiknya Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi, maka sudah lengkap unsur pimpinan DPRD Bukittinggi,” kata Herman Sofyan.

Sementara itu Wakil Walikota Bukittinggi  Irwandi,  atas nama pemerintah daerah,  menyampaikan selamat kepada Rusdy Nurman yang telah ditetapkan dan dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Bukittinggi. Kehadiran 3 orang unsur pimpinan ini tentunya akan semakin memperkokoh lembaga legislatif sebagai mitra dari Pemko Bukittinggi.

“Kami atas nama pribadi dan pemerintah daerah, mengucapkan selamat kepada Saudara Rusdy Nurman yang telah dilantik sebagai Wakil Ketua II DPRD Bukittinggi. Semoga amanah yang diberikan  dapat dimaksimalkan dan dilaksanakan dengan baik,” ujar Irwandi.


Menurut Irwandi,  saat ini ada beberapa agenda mendesak yang harus segera diselesaikan. Seperti pembahasan KUA-PPAS tahun 2020, RAPBD tahun 2020 serta agenda lainnya.

“Kami berharap dengan telah lengkapnya unsur pimpinan DPRD,  agenda mendesak itu dapat segera diselesaikan,  dan kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana,” tukasnya.

Terpisah Wakil Ketua DPRD Bukittinggi  Rusdy Nurman menyampaikan  terima kasih kepada partai yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Bukittinggi.

“Amanah yang diberikan akan dilaksanakan secara maksimal,” pungkasnya. (h/tot)


Reporter : RUDI GATOT /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM