Konsumsi Sabu, Pelajar di Kota Padang Dibawa Kemeja Hijau


Rabu, 13 November 2019 - 17:46:15 WIB
Konsumsi Sabu, Pelajar di Kota Padang Dibawa Kemeja Hijau ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Diduga melakukan penyalahgunaan narkotika jenis sabu-sabu seberat 0,06 gra, terdakwa berinisial APM (18), yang masih berstatus pelajar di sekolah swasta di Kota Padang, harus meringkuk dibalik jeruji besi di sel tahanan, akibat perbuatannya.

Terdakwa yang menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kelas I A Padang, tampak menundukkan kepalanya saat, menjalani sidang perdananya pada, Rabu (13/11). 

Dalam sidang tersebut, terdakwa didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) memiliki, menguasi, menyediakan narkotika jenis sabu-sabu.  "Bahwa terdakwa tidak ada izin dari pihak yang berwenang memiliki, menguasi, menyediakan narkotika jenis sabu-sabu," kata JPU Darmawati saat membacakan dakwaannya.

JPU juga menambahkan bahwa, terdakwa melanggar pasal narkotika pasal 112 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika atau pasal 127 ayat (1) hurf a Undang-Undang RI Nomor 35 tahun narkotika.

Terdakwa yang didampingi Penasihat Hukum (PH) Adek Putra, mengaku tidak mengajukan nota keberatan atas dakwaan JPU (eksepsi).  Terhadap hal tersebut, sidang yang diketuai Yose Rizal beranggotakan Suratni dan Ade Zulfiana Sari, memerintahkan JPU menghadirkan saksi. Namun demikian JPU belum dapat menghadirkan saksi, karena belum dipanggil. " Kita minta waktu satu minggu majelis," ujar JPU. 

Usai sidang terdakwa dikawal kesel tahanan PN Kelas IA Padang, dengan penjagaan ketat dari kepolisian dan pengawalan tahanan dari kejaksaan.  
       
Dalam dakwaan disebutkan bahwa tanggal 28 Agustus 2019, sekitar pukul 20.30 wib, di kawasan Simpang Azizi, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang. Terdakwa Anggi  Putra Maulana menghubungi rekannya bernama Atip, yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), dengan tujuan untuk narkotika jenis sabu-sabu seharga Rp150.000, sebanyak tiga paket kecil.

Kemudian Atip menyuruhnya terdakwa agar pergi jalan Andalas, usai melakukan transaksi, terdakwa pun kembali pulang kerumahnya yang berada di Kuranji. Setiba di rumah terdakwa langsung mengambail satu paket sabu dan memakai barang haram itu. 

Tak beberapa lama kemudian, terdakwa ditelpon oleh rekannya yang bernama Rudi. Dimana terdakwa diminta untuk mengantar  sabu-sabu tersebut kerumah Rudi, yang mana dibeli dari Atip. Terdakwa yang hendak menunju kerumah Rudi, dikawasan Ampang. Dua orang berbaju preman langsung, memegang tangan terdakwa Anggi Putra Maulana. Saat ditangkap dari tangan terdakwa ditemukan sabu-sabu berbungkus plastik putih.

Terdakwa yang masih berstatus sebagai pelajar pada kelas XII, disalah satu sekolah swasta di Kota Padang,  kini harus mendekam di jeruji besi tahanan. (h/win)


Reporter : Rahma Winda /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 27 September 2019 - 20:34:33 WIB

    Lagi, Warga Pekanbaru Konsumsi Sabu Ditangkap di Bukittingi

    Lagi, Warga Pekanbaru Konsumsi Sabu Ditangkap di Bukittingi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Dua orang diduga pemakai narkotika jenis sabu terjaring razia yang digelar Badan Narkotika Kota (BNK) Bukittinggi, Sumatera Barat, tepatnya di Simpang Taman Jalan By Pass, Kamis (26/9/2019) sek.
  • Selasa, 27 Agustus 2019 - 15:41:19 WIB

    Konsumsi Sabu, Tiga Warga Aia Bangis Dibekuk Polisi

    Konsumsi Sabu, Tiga Warga Aia Bangis Dibekuk Polisi PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Tiga pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu di Jorong Kampung Padang Utara Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, Senin (26/8) oleh Jajaran Satuan Reskrim Narkoba Kepolisian Resor (Polres) Pasamam B.
  • Rabu, 21 Agustus 2019 - 15:44:59 WIB

    Konsumsi Sabu, Fajri Kurniawan Diciduk Polisi

    Konsumsi Sabu, Fajri Kurniawan Diciduk Polisi PADANGPARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Jajaran Polres Padang Pariaman amankan seorang pemuda atas nama Fajri Kurniawan (22), karena diduga sering memakai narkoba jenis sabu, di Balerong Adat di Korong Dusun Pasa Gadung, Nagari Su.
  • Sabtu, 10 Februari 2018 - 11:03:56 WIB

    Cuaca Panas, Dinkes Padang: Banyak Konsumsi Air Putih

    Cuaca Panas, Dinkes Padang: Banyak Konsumsi Air Putih PADANG, HARIANHALUAN.COM--Beberapa hari belakang Kota Padang dilanda cuaca panas terik. Tak hanya dirasakan di siang hari, bahkan hawa panas masih dirasakan hingga malam hari..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM