Jangan Papua Saja..! DPRD Agam ke Komisi II DPR RI Minta Dukung Pemekaran Kabupaten Agam


Rabu, 13 November 2019 - 19:30:10 WIB
Jangan Papua  Saja..! DPRD Agam ke  Komisi II DPR RI  Minta Dukung Pemekaran Kabupaten Agam Kabupaten Agam

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-- Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendukung pemekaran Papua dalam kunjungannya beberapa hari lalu,  juga telah memicu daerah lain menuntut pemekaran atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

Seperti yang dilakukan DPRD Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Mereka mendatangi Komisi Pemerintahan Dalam Negeri DPR, Rabu (13/11/2019). Mereka meminta Kabupaten Agam dimekarkan karena wilayahnya yang cukup luas.
 
"Wilayah Agam yang sangat luas, telah menyulitkan masyarakat setempat mengakses berbagai keperluan ke ibu kota kabupaten. Yang dekat justru ke ibu kota provinsi. Dengan pemekaran ini diharapkan masyarakat bisa lebih sejahtera," kata Ketua Komisi I DPRD Agam Syaflin dalam pertemuan dengan Komisi Pemerintahan Dalam Negeri atau Komisi II DPR.

Di hadapan Komisi II DPR RI, ia memaparkan progres usulan pemekaran ini yang sejak 2008 sudah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri. Hanya saja ketika itu belum melengkapi persyaratan mendasar menyangkut tapal batas pemekaran. Kini, persyaratan tapal batas tersebut sudah dipenuhi.

Anggota Komisi Pemerintahan Dalam Negeri dari dapil Sumbar, Guspardi Gaus yang menerima delegasi DPRD Agam tersebut mengatakan bahwa kebijakan moratorium bisa saja dibuka. "Selain Agam, masih ada tiga daerah lain di Sumbar yang perlu pemekaran,” kata Gaus.

Gaus yang memimpin rapat dengar pendapat umum ini menyerukan masyarakat dan DPRD Agam agar segera memenuhi semua kualifikasi pemekaran sebagai DOB, agar ketika moratorium dibuka Agam sudah siap dimekarkan.

Agam sendiri luasnya mencapai 2.232,30 km² yang terhampar dari Gunung Singgalang hingga pesisir laut. Jumlah kecamatannya 16. Bila dimekarkan, kemungkinan 11 kecamatan masuk DOB. (sam)

 


Reporter : SYAFRIL AMIR /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:18:30 WIB
    Diskusi KNPI dengan Dua Wali Kota Muda di Sumbar

    Jangan Tahan Mimpi Anak Muda!

    Jangan Tahan Mimpi Anak Muda! PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam menghadapi bonus demografi, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang bersama Haluan mengadakan Diskusi dengan tema “Peran Penting Pemuda Dalam Pembangunan Daerah”..
  • Ahad, 10 November 2019 - 20:38:36 WIB

    Tour de Singkarak Jangan hanya Jadi Iven Kegembiraan

    Tour de Singkarak Jangan hanya Jadi Iven Kegembiraan SOLOK, HARIANHALUAN.COM -- Iven balap sepeda internasional, Tour de Singkarak (TdS) 2019 baru saja digelar di Sumatera Barat..
  • Selasa, 08 Oktober 2019 - 21:18:42 WIB

    Bupati Hendrajoni Ingatkan Kelompok Nelayan Jangan Jual Alat Tangkap

    Bupati Hendrajoni Ingatkan Kelompok Nelayan Jangan Jual Alat Tangkap PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menyerahkan bantuan berupa alat tangkap kepada sejumlah kelompok nelayan.  Bantuan senilai Rp3 milyar tersebut, diantaranya berupa mesin motor tempel, mesin long.
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 12:18:04 WIB

    Konsep Wisata Sumbar Itu Beda, Jangan Samakan dengan Daerah Lain

    Konsep Wisata Sumbar Itu Beda, Jangan Samakan dengan Daerah Lain Konsep pariwisata Sumbar tidak sama dengan daerah lain. Jika dikelola dengan baik, Sumbar akan menjelma menjadi sebuah destinasi wisata yang sangat diminati oleh semua orang, baik itu lokal dan mancanegara..
  • Jumat, 02 Agustus 2019 - 11:31:46 WIB

    Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully

    Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta agar drg Lili Suryani tidak di-bully. Lili Suryani merupakan rival dan menggantikan posisi drg Romi Syofpa Ismael yang dicoret sebagai CPNS di Kab.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM