DPR Jadi Institusi Paling tidak Dipercaya Publik, Kenapa?


Kamis, 14 November 2019 - 09:03:57 WIB
DPR Jadi Institusi Paling tidak Dipercaya Publik, Kenapa? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hasil riset yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA mendapati rendahnya kepercayaan publik terhadap Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). Berdasarkan survei yang dilakukan terhadap berbagai lembaga negara, DPR menjadi institusi yang paling tidak dipercaya publik.

"Banyaknya kasus penangkapan anggota DPR dan DPD oleh KPK karena kasus korupsi meningkatkan sentimen negatif publik," kata peneliti LSI Adjie Alfarabi di Jakarta, Rabu (14/11).

Mengacu pada hasil survei itu, ketidakpercayaan publik terhadap DPR juga cenderung naik. Pada Juli 2018 sebesar 25,5 persen masyarakat tidak percaya lembaga negara itu bekerja untuk rakyat. Angka itu kemudian meningkat menjadi 28,4 persen pada September 2019.

Berdasarkan survei itu juga, 65 persen masyarakat pada Juli 2018 masih percaya terhadap DPR bekerja untuk rakyat. Angka itu lantas merosot pada September 2019 menjadi 63,5 persen publik percaya akan kinerja wakil rakyat itu di parlemen.

Sementara itu, TNI menjadi institusi yang paling dipercaya publik dengan tingkatan persentase sebesar 89 pada September 2019. Nilai itu turun sekitar satu persen dari 90,4 persen publik percaya TNI bekerja untuk rakyat pada survei Juli 2018.

Lembaga-lembaga lainnya semisal eksekutif, Polri, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mendapatkan tingkat diatas 70 persen setelah Pilpres. Meskipun setiap lembaga negara itu juga mengalami penurunan dari survei yang dilkukan sebelum Pilpres 2019 dilaksanakan.

"Melemahnya kepercayaan akan menyebabkan kelemahan pada legitimasi lembaga negara dan kebijakan yang akan diambil karena ketika ada ketidakpercayaan itu akan mengganggu demokrasi kita ke depan," kata Adjie.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 15:28:55 WIB

    Cegah Corona, DPRD Mentawai Tunda Agenda Rapat

    Cegah Corona, DPRD Mentawai Tunda Agenda Rapat MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka mencegah penyebaran corona virus atau covid 19, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai menunda seluruh agenda rapat kerja..
  • Selasa, 24 Maret 2020 - 15:18:52 WIB

    Anggota DPRD Reses, Masyarakat Ladang Rimbo Sampaikan Aspirasi

    Anggota DPRD Reses, Masyarakat Ladang Rimbo Sampaikan Aspirasi PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM - Masyarakat Jorong Ladang Rimbo, Nagari Aur Kuning, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) menyambut meriah acara reses ke dua yang dilaksanakan anggota DPRD Pasbar dari Partai G.
  • Senin, 23 Maret 2020 - 23:03:26 WIB

    Anggota DPRD Pasbar Sosialisasikan Info Corona Sembari Reses

    Anggota DPRD Pasbar Sosialisasikan Info Corona Sembari Reses PASAMAN BARAT, HARIAN HALUAN.COM - Anggota DPRD Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Dodi Wahyudi dari Partai Gerindra menjaring aspirasi masyarakat dengan turun langsung ke Dapil II  untuk bertemu, mendengar dan menghimpun kelu.
  • Senin, 09 Maret 2020 - 23:45:20 WIB

    Tahun Ini, DPRD Solsel Bahas 12 Ranperda

    Tahun Ini, DPRD Solsel Bahas 12 Ranperda SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Solok Selatan (Solsel) dorong pemerintah daerah membahas 12 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) di massa sidang tahun 2020. Hal itu disampaikan Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda saat Mus.
  • Rabu, 04 Maret 2020 - 17:35:08 WIB

    Ini Struktur Alat Kelengkapan DPRD Mentawai Periode 2019-2024

    Ini Struktur Alat Kelengkapan DPRD Mentawai Periode 2019-2024 TUAPEJAT, HARIANHALUAN.COM - Susunan daftar Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kepulauan Mentawai periode Tahun 2019-2020 telah selesai dibentuk tidak lama setelah pelantikan pada Oktober 2019 la.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM