Ada Apa ya..? DPRD Sumbar Panggil OJK dan AJB Bumiputra


Kamis, 14 November 2019 - 14:08:14 WIB
Ada Apa ya..? DPRD Sumbar Panggil OJK dan AJB Bumiputra Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - DPRD Sumbar memanggil Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputra, Rabu (13/11). Pemanggilan tersebut merupakan tindak lanjut keresahan masyarakat yang mengadukan polisnya tidak kunjung cair.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Afrizal meminta pihak Bumiputera untuk membayar polis kepada pemegang polis (nasabah) asuransi hingga hak-hak mereka terpenuhi.

“Harus ada solusi yang tepat untuk permasalahan ini. Kita tidak rela dana masyarakat Sumbar tertahan dan tidak ada kepastian terkait pengembaliannya," sebutnya.

Afrizal mengaku, banyak surat masuk ke DPRD terkait klaim pembayaran polis asuransi Bumiputera.

"Sebenarnya mereka juga ingin ikut dalam rapat ini untuk meminta kepastian, tetapi kita larang dan mempercayakan kepada DPRD Sumbar mencari solusinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Direksi AJB Bumiputra Syafrudin menyampaikan, pihaknya terus berupaya mencarikan solusi agar dana masyarakat yang diklaim dapat dibayarkan. Akan tetapi dilalukan secara bertahap. 

Menurutnya, klaim nasabah dengan jumlah di atas Rp50 juta ditawarkan keuntungan 4,5 persen jika mereka mau menahan uang mereka di Bumiputra dan diberikan jaminan dari perusahaan.

"Diprioritaskan untuk mencairkan polis nasabah di bawah Rp50 juta yang terdiri dari UMKM, guru, dan lainnya. Kemudian berbagai pihak yang dalam keadaan membutuhkan keuangan, seperti untuk biaya berobat dan pendidikan," jelasnya. 

Ia menyebutkan, sejak Maret 2019 pihaknya telah mencairkan polis nasabah sebesar Rp9 miliar per bulan untuk Sumatera Barat. 

Kepala OJK Sumbar Darwisman mengatakan selama 2019 sebanyak 28 pengaduan perihal pemegang polis Bumiputera telah ditampung. OJK sebagai lembaga pengawas akan mendukung Bumiputera menyelesaikan permasalahan klaim yang belum terbayarkan. Bumiputra sendiri memiliki banyak aset di berbagai kota besar di Indonesia dengan nilai yang cukup besar yakni Rp38 triliun.

"Pemegang polis Bumiputera mencapai 7,5 juta orang di seluruh Indonesia dan beban klaim yang harus ditanggung perusahaan setiap tahunnya mencapai Rp2,5 triliun," katanya. (h/len/rel)


Reporter : Leni Marlina /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 10 Desember 2019 - 15:57:14 WIB

    Pembangunan Embung Padang Roco, Sutan Riska : Usahakan Akhir Tahun Rampung

    Pembangunan Embung Padang Roco, Sutan Riska : Usahakan Akhir Tahun Rampung DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM-Jelang akhir tahun, Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan sibuk ke lapangan. Raja muda itu melakukan pemantauan terhadap seluruh proyek yang dilaksanakan di Kabupaten Dharmasraya..
  • Ahad, 08 Desember 2019 - 14:35:32 WIB

    OJK Ingatkan Masyarakat Waspadai Pinjaman Online

    OJK Ingatkan Masyarakat Waspadai Pinjaman Online BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Perkembangan tekhnologi saat ini semakin maju, banyak terobosan yang dilakukan orang untuk menghimpun dan menyalurkan dana. Salah satunya pinjaman online, pinjaman itu memang menggiurkan karena.
  • Ahad, 01 Desember 2019 - 14:11:22 WIB

    Guru Besar UI Beri Kuliah Umum Pada PNS di Kota Pariaman

    Guru Besar UI Beri Kuliah Umum Pada PNS di Kota Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Kota Pariaman datangkan guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Prof. Rhenald Kasali untuk memberikan kualiah umum pada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Kota Pa.
  • Selasa, 26 November 2019 - 21:43:17 WIB

    Pendamping PKH Kota Padang Terima Kendaraan Operasional

    Pendamping PKH Kota Padang Terima Kendaraan Operasional PADANG,HARIANHALUAN.COM – Wali Kota Padang Mahyeldi menyerahkan 25 unit kendaraan operasional (sepeda motor) bagi Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Padang..
  • Selasa, 26 November 2019 - 18:58:43 WIB

    Luar Biasa! Warga Rao Utara Bersihkan Material Longsor Secara Swadaya

    Luar Biasa! Warga Rao Utara Bersihkan Material Longsor Secara Swadaya PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Warga dibantu tim reaksi cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pasaman, mulai membersihkan badan jalan dari sisa material longsor usai bencana tanah longsor menutup akses jalan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM