Program Mahyeldi 18-21, Tiga Keluarga Terbaik Diberangkatkan Umrah


Kamis, 14 November 2019 - 20:27:36 WIB
Program Mahyeldi 18-21, Tiga Keluarga Terbaik Diberangkatkan Umrah Wali Kota Padang Mahyeldi menyerahkan secara simbolis hadiah umrah kepada pemenan lomba implementasi pendidikan keluarga. (humas)

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Program 18-21 merupakan gagasan Wali Kota Padang Mahyeldi yaitu setiap keluarga di Padang pada pukul 18.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB melakukan aktivitas bersama dalam meningkatkan komunikasi

Tak tanggung-tanggung, untuk lebih memotivasi pengimplementasian program ketahanan keluarga itu, di tahun 2019 pemko menyediakan reward diantaranya berupa umrah ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah pelaksanaan Program 1821 sejak awal bergulir terus berjalan dengan baik dan meningkat di tengah masyarakat Kota Padang,” ucap Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah kepada  wartawan, Rabu.

Sebelumnya dari 11 kecamatan itu telah terpilih yang terbaik untuk tingkat Kota Padang, dimana 3 (tiga) keluarga terbaik akan diberangkatkan melaksanakan ibadah umroh ke Tanah Suci pada tahun 2019 ini.

Tiga keluarga yang terpilih yaitu juara I dengan nama kepala keluarga Wandrizal dari Gunuang Sariak Kuranji, juara II Junardi dari Andalas Padang Timur dan juara III Arman dari Purus Padang Barat yang rencananya akan berangkat ke Tanah Suci pada 14 Desember 2019.

Sementara keluarga yang memperoleh rangking empat hingga 11 mendapatkan hadiah uang tunai Rp3 juta per keluarga.
 

‘'Bagi keluarga pemenang 3 terbaik tingkat Kota Padang kita berikan uang untuk melaksanakan ibadah umroh. Masing-masing keluarga akan diberangkatkan 4 orang diantaranya terdiri dari ayah, ibu dan 2 orang anak. Sementara bagi pelaksana terbaik tingkat kecamatan juga menerima reward berupa uang pembinaan sebesar Rp3 Juta masing-masingnya,” terangnya.

Wali kota melanjutkan, pada 2020 nanti Program 1821 akan tetap dilakukan yang penilaiannya dimulai dari Januari sampai Desember 2020. 

Dijelaskannya, Program 1821 adalah sebuah gerakan yang menyerukan bagi setiap anggota keluarga yang ada di Kota Padang untuk melaksanakan beberapa kegiatan secara rutin setiap harinya mulai dari pukul 18.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB.

Kegiatan ini dimulai dari seorang bapak dan ibu untuk mengajak seluruh anak-anaknya melaksanakan salat Maghrib berjamaah di masjid/musala terdekat dari rumahnya. Setelah itu mengikuti kegiatan Maghrib Mengaji, sebagaimana hal ini juga sejalan dengan program dari Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang yang mempunyai program Maghrib Mengaji.

"Maka untuk itu, setelah salat Maghrib kita membaca Alquran atau mendengarkan ceramah di masjid/musala sampai masuk waktu menunaikan salat Isya berjamaah. Kemudian setelah itu pulang ke rumah dan melakukan makan malam bersama. Alhamdulillah kegiatan makan bersama ini sejalan dengan program BKKBN yang telah melaunching Program Gerakan Kembali Ke Meja Makan di Kota Padang beberapa bulan lalu. Kemudian setelah itu orang tua juga diminta mendampingi dan memotivasi anak-anaknya belajar. Sebagaimana anak-anak kita perlu pendampingan dan motivasi untuk mereka belajar,” jelasnya.

Disaamping itu,  Pemko Padang juga tengah berupaya menciptakan Peraturan Daerah (Perda) Ketahanan Keluarga. (*/dn)


 Sumber : Humas /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: r[email protected]
APP HARIANHALUAN.COM