Ternate, Jailolo, dan Bitung Tsunami Akibat Gempa


Jumat, 15 November 2019 - 11:00:56 WIB
Ternate, Jailolo, dan Bitung Tsunami Akibat Gempa Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melaporkan tsunami terjadi di Ternate, Jailolo, dan Bitung akibat gempa 7,1 SR pada Kamis malam.

Pemutakhiran data dari BMKG menyebutkan tsunami akibat gempa telah terdeteksi di Ternate(23:43 WIB) 0.06m, Jailolo (23:43 WIB) 0.09m, dan Bitung (00:08 WIB) 0.10m.

Adapun dari Manado dilaporkan, turis-turis tamu hotel-hotel yang berada di sekitar Kota Manado, Sulawesi Utara, terpantau aman usai gempa 7,4 skala richter yang dirasakan, Jumat (15/11/2019) dini hari.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey melalui Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata Dino Gobel melaporkan pemantauan turis hotel di sekitar Kota Manado dalam kondisi aman hingga pukul 01.57 WITA.

Pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa General Manager dan Manager hotel. Dari situ, kondisi turis khususnya yang berada di pinggir pantai dan memiliki gedung tinggi aman.

“Masing-masing hotel telah melakukan prosedur evakuasi dan penyelamatan dengan baik kepada para tamu,” ujarnya, Jumat (15/11/2019).

General Manager (GM) Mercure Hotel Manado Sigit melaporkan para tamu berkumpul di titik evakuasi dan mengantisipasi gempa susulan. Akan tetapi, semuanya dalam kondisi aman.

GM Four Poin Manado Herry Nova mengungkapkan para tamu dan turis tetap tenang. Namun, pihaknya tetap melakukan antisipasi.

Ketua Indonesia General Manager Hotel (IGMH) DPD Sulut Gorontalo, yang juga GM Peninsula HotelX Putu Anom juga melakukan evakuasi kepada para turis dan tamu yang menginap. Koordinasi telah dilakukan ke sejumlah GM hotel dan semua tamu dalam kondisi aman. (k24)


 Sumber : kabar24 /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM