Kanwil Kemenag Pacu Prestasi Satker, Madrasah dari Sumbar Juara II LSS Nasional


Jumat, 15 November 2019 - 11:39:01 WIB
Kanwil Kemenag Pacu Prestasi Satker, Madrasah dari Sumbar Juara II LSS Nasional Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri (tengah), bersama trofi Juara II LSS Nasional yang diraih oleh MTsN 6 Kabupaten Solok. IST/HUMAS

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumatera Barat kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional. Salah satu madrasah di bawah naungannya, yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Kabupaten Solok, berhasil menjadi juara kedua pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) Berkarakter Tingkat Nasional 2019 yang digelar Kemendikbud RI.

Penghargaan itu diserahkkan di Hotel Kartika Chandra Jaksel, Rabu (13/11), oleh Sekretaris Jenderal Pendidikan Dasar Menengah Kemendikbud RI, Dr. Sutanto, MA, didampingi Kasubdit KKSK Dr. Abdul Faqih, kepada Kepala MTsN 6 Solok Rusmaida, S.Ag, bersama Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, H. Hendri, S.Ag, M.Pd; dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok, Alizar Can.

Atas prestasi itu, H. Hendri selaku Kepala Kanwil Kemenag Sumbar menyatakan rasa syukur dan berterima kasih atas kerja sama semua pihak, sehingga Kanwil Kemenag Sumbar melalui salah satu madrasahnya kembali berhasil mengharumkan nama Sumbar di pentas nasional.

"Alhamdulillah, prestasi nasional kita boyong lagi ke Sumbar. Kami berharap agar prestasi demi prestasi yang diraih dapat melecut semangat seluruh satuan kerja (satker) di bawah Kemenag Sumbar, agara terus berinovasi dan saling bahu membahu dalam pelaksanaan tugas masing-masing," kata H. Hendri.

H. Hendri menerangkan, sebelumnya MTsN 6 Kabupaten Solok telah lebih dulu memenangi perlombaan serupa di tingkat Kecamatan Hiliran Gumanti, menjuarai tingkat Kabupaten Solok, hingga menjuarai perlombaan tingkat Provinsi Sumbar. Di provinsi inilah, melalui sumbang arahan dari Kemenag Sumbar, MTsN 6 Solok berhasil menjadi yang terbaik dan diutus ke tingkat nasional.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Bintal dan Kesra Pemprov Sumbar, Drs. H. Syaifullah, MM juga menyebutkan, Sumbar berhasil menggondol dua gelar juara II sekaligus. Pertama, juara di tingkat SMP dan sederajat yang diraih MTsN 6 Kabupaten Solok. Serta yang kedua, juara di tingkat SMA dan sederajat yang diraih SMAN 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam.

"Kami berharap prestasi ini terus dipertahankan dan ditingkatkan, lalu untuk sekolah dan madrasah lain di Sumbar, agar menjadikan prestasi dua sekolah itu sebagai acuan untuk mengukir prestasi gemilang lain di tingkat nasional, dan mengharumkan nama Sumbar," kata Syaifullah.

Kepala MTsN 6 Kabupaten Solok, Rusmaida, S.Ag, lewat sambungan telfon menyebutkan, setidaknya ada empat karakter kunci yang ditanamkan kepada seluruh pelajar di madrasahnya, sehingga berbuah prestasi pada LSS tingkat nasional. Keempat karakter itu antara lain, karakter menjaga kebersihan melalui program kantong ajaib, karakter kebiasaan membuang sampah pada tempatnya, karakter Salam 3 S (salam, senyum, sapa), dan fasilitas toilet cantik bagi para siswi.

Turut hadir dalam penerimaan penghargaan itu, Kasi Kelembagaan dan Sistem Informasi Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumbar, Mofri Antoni; Kepala Sub Bagian Informasi dan Hubungan Masyarakat Kanwil Kemenag Sumbar, Eri Gusnedi; Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Solok Syamsul Bahri; Waka Kesiswaan MTsN 6 Kabupaten Solok, Ramdanus, dan sejumlah pejabat lain. (h/isq)


Reporter : Ishaq /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 26 Maret 2016 - 04:32:00 WIB

    Kanwil Kemenkum-BNNP Sepakat Perangi Narkoba di Lapas Sumbar

    PADANG, HALUAN — Kan­tor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkum dan HAM) Sum­bar memberikan kewe­na­ngan penuh kepada Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumbar untuk mem­bersihkan Lembaga Pe­mas­ya.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM