32 Unit Kios di Pasar Batang Kapas Terbakar, Diduga Akibat Arus Pendek


Sabtu, 16 November 2019 - 18:35:41 WIB
32 Unit Kios di Pasar Batang Kapas Terbakar, Diduga Akibat Arus Pendek Kebakaran hebat menghanguskan sejumlah toko di Pasar Kuok, Kecamatan Batangkapas, Pessel. IST

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Diduga karena arus pendek (korsleting), kebakaran kembali menghanguskan sejumlah petak ruko di Pasar Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan. Sedikitnya 32 unit kios ludes dilahap si jago merah dalam peristiwa tersebut, Jumat (15/11) sekira pukul 00.30 Wib.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Perindustrian Pessel, Azral menyebutkan, hasil penyelidikan sementara pihaknya bersama kepolisian, kebakaran disebabkan korsleting listrik di salah satu kios.

"Ya, kejadian ini sudah kami laporkan ke Pak Bupati. Namun, kronologis dan total kerugian memang belum diketahui secara pasti," ujarnya di Painan.

Berdasarkan keterangan sejumlah warga setempat, Api telihat membesar pada pukul 00.30 Wib. Saat itu, angin cukup kencang sehingga api dengan cepat membesar dan menjalar seluruh deretan pertokoan yang ada di sekitarnya.

"Mobil pemadam datang setelah satu jam kebakaran berlangsung. Api baru dapat dijinakkan sekitar pukul 04.00 Wib pagi. Ada tiga armada yang diturunkan," katanya. 

Menurutnya, Pemkab Pessel saat ini sedang membangun sejumlah toko di pasar tersebut menggunakan dana tugas pembantuan dan dana alokasi khusus (DAK). Beruntung bangunan baru tersebut tidak dilahap si jago merah. 

"Kebakaran hanya menghanguskan toko pedagang yang dibangun melalui swadana atau kredit pedagang pada Bank Nagari sejak belasan tahun silam," tuturnya. 

Ia mengatakan, pasca kejadian pihaknya sedang menghitung total kerugian akibat kejadian itu. Kemudian bakal mencarikan solusi untuk pedagang yang kehilangan sejumlah toko tersebut. 

"Terkait asuransi, kami belum tahu apakah ada atau tidak. Namun, bantuan dari pemerintah tentu ada dalam bentuk relokasi," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan, Dailipal mengatakan, diduga kuat penyebab kebakaran di Pasar Kuok, Batangkapas karena hubungan arus pendek di salah satu petak toko setempat. 

"Berdasarkan informasi yang kami terima dilapangan, kebakaran diduga kuat akibat korsleting listrik dari toko pedagang setempat," ujarnya pada wartawan.

Menurut dia, kebakaran hebat itu menghanguskan sebanyak 32 petak toko di blok L. Sementara 5 diantaranya masih dalam keadaan kosong.

"Api sulit di padamkan, karena toko-toko warga yang ada berisi bahan yang mudah terbakar," katanya. 

Ia menuturkan, sebagai langkah antisipasi pihaknya menurunkan tiga unit armada damkar dengan jumlah personil sebanyak 21 orang.

"Api berhasil kami jinakan sekitar pukul 04.00 Wib, jelang waktu subuh. Pihak Damkar juga dibantu oleh warga sekitar, kepolisian, dan TNI," ucapnya. 

Hingga kini, pihaknya masih melakukan pendataan pemilik toko yang terbakar.

"Dari 32 toko yang terbakar ada 18 pemiliknya yang sudah terdata. Sementara, berapa kerugian belum bisa kami perkirakan," tuturnya. (h/kis)

loading...
Reporter : Okis /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]