Dosen PNP Beri Pelatihan Bagi Guru dan Siswa SMKN 1 Payakumbuh


Sabtu, 16 November 2019 - 18:46:02 WIB
Dosen PNP Beri Pelatihan Bagi Guru dan Siswa SMKN 1 Payakumbuh Siswa SMKN 1 Payakumbuh dan Dosen PNP foto bersama usai pelatihan. IST

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Untuk memberikan pemahaman dan keterampilan para guru dan siswa SMK jurusan akuntansi tentang akuntansi pajak, dosen Politeknik Negeri Padang (PNP) telah melakukan pengabdian masyarakat ke SMKN 1 Payakumbuh beberapa waktu lalu.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat, Reni Endang Sulastri, SE, M.Si mengatakan, pemahaman dan keterampilan yang diberikan mulai dari menghitung, mencatat, membayar serta melaporkan pajak itu sendiri. Khalayak sarasannya adalah guru dan siswa akuntansi di SMKN 1 Payakumbuh.

"Akuntansi pajak merupakan kompetensi utama  yang harus  dimiliki oleh siswa SMK Jurusan Akuntansi. Akuntansi Pajak tercipta karena adannya suatu prinsip dasar yang diatur dalam UU Perpajakan dan pembentukannya terpengaruh oleh fungsi perpajakan dalam mengimpletasikannya sebagai kebijakan pemerintah," ujarnya, Kamis (14/11).

Ia mengatakan, tujuan dari  akuntansi pajak adalah menetapkan besarnya pajak terhutang berdasarkan laporan keuangan. Namun, berdasarkan data yang ada masih banyaknya  guru dan siswa akuntansi di Sekolah Tingkat Menengah Kejuruan yang tidak memahami akuntansi pajak yang mengakibatkan kompetensi lulusan yang ingin dicapai tidak dapat terwujud.

"Penyebabnya adalah kurangnya literatur yang mereka miliki, kurangnya pemahaman akan akuntansi pajak itu sendiri, tidak adanya variasi soal serta kesulitan para guru dalam memilih metoda yang prakti sdalam  pengajaran ke siswa," sebutnya.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan 4 November lalu, pihaknya melakukan  bimtek akuntansi pajak, membuatan modul akuntansi pajak yang disederhanakan sehingga mudah dipahami, pembuatan soal yang bervariasi serta pendampingan pengajaran akuntansi pajak oleh guru ke siswa.

"Hasil yang diharapkan dari pengabdian ini adalah adanya guru  dan siswa akuntansi yang paham dan terampil dalam akuntansi pajak, adanya buku referensi yang mudah dipahami dan soal-soal latihan akuntansi pajak yang bervariasi sehingga kompetensi utama lulusan Akuntansi dalam hal perpajakan dapat terpenuhi," sebutnya.

Tim yang ikut dalam pengabdian masyarakat ini, yakni Ferdawati, SE, M.Sc, Ak, CA, Gustati, SE, M.Si, AK, CA, Desi Handayani, SE, M.Pd, Ak, CA dan Zahara, SE, M.Ak, Ak, CA.

Ia mengatakan, kegiatan pengabdian masyararakat ini di sambut baik oleh Kepala sekolah. Bahkan, pihak sekolah berharap kerjasama seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan demi meningkatkan kompetensi guru dan siswa.

"Mereka mengatakan, selain di bidang pengajaran juga diharapkan ada pengabdian masyarakat di bidang lainnya seperti pengelolaan sampah  dan taman di sekolah, Mereka berhadap PNP bisa membantu mereka untuk teknologi pengelolaan tanaman dan sampah dimasa yang akan datang," sebutnya. (h/san)

Reporter : Sani /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]