Sri Mulyani Ungkap 70% APBD Habis untuk PNS Pemda


Sabtu, 16 November 2019 - 19:14:35 WIB
Sri Mulyani Ungkap 70% APBD Habis untuk PNS Pemda Sri Mulyani ke Istana

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan keresahannya soal belanja pemerintah daerah (pemda) melalui APBD. Pasalnya 70% digunakan untuk keperluan PNS pemda, sisanya baru untuk masyarakat.

Hal itu dia sampaikan saat bertemu dengan para kepala daerah di Kantor Ditjen Pajak Pusat, Jakarta, Kamis (15/11/2019).

"Jadi APBD-nya hampir 70% untuk mengurusi orang-orang pemda. Makanya sisa-sisa itu sisa-sisa untuk rakyat, itu kan salah," ujarnya.

Dia menjelaskan, 13,4% APBD habis untuk perjalanan dinas para pegawai negeri sipil (PNS) di pemda. Lalu 17,5% digunakan untuk belanja jasa kantor. Untuk kedua hal itu saja, APBD yang terpakai sudah 30,9% sendiri.

Belum lagi ditambah dengan belanja pegawai, yang kata Sri Mulyani menghabiskan 36% dari APBD yang ada. Atas hitung-hitungan Sri Mulyani, didapatkan angka 70% dari APBD habis untuk kebutuhan PNS pemda.

"Tolong untuk perjalanan dinas untuk sosialisasi satu kali setahun saja. Jangan wara-wiri. Dan kami dengan Mendagri dengan menteri yang lain, Presiden sudah minta bisa dikoordinir sehingga jangan hari ini Menteri Keuangan ngundang sosialiasi, besok Menkes sosialisais, bulan depan Menteri Pendidikan lain lagi, sehingga bapak ibu, memang wara-wiri," ujarnya.

Dirinya pun meminta pengelolaan APBD tersebut diperbaiki. Menurutnya alokasi belanja daerah kurang fokus. Padahal Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harus fokus.

"Jadi tolong dilihat betul, kami pun di pusat bahkan sudah meminta meneliti betul belanja-belanja kelompok tadi. Alokasi belanja daerah APBD juga kurang fokus, program dan kegiatan itu bermacam-macam, padahal Pak Presiden mengatakan fokus saja," tambahnya. (h/dtk)


 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 12:40:16 WIB

    Sri Mulyani Geram Banyak Pejabat Nyambi Jadi Makelar

    Sri Mulyani Geram Banyak Pejabat Nyambi Jadi Makelar NASIONAL, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, mesti perkembangan teknologi semakin canggih tapi praktik kotor di negara ini masih saja sering ditemui. Apalagi praktik-praktik tersebut kerap te.
  • Jumat, 29 November 2019 - 21:21:59 WIB

    Wah..! Sri Mulyani Tetap Lantik Pejabat Eselon III dan IV

    Wah..! Sri Mulyani Tetap Lantik Pejabat Eselon III dan IV JAKARTA, HARIANHALUAN.COM-Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tetap melantik pejabat eselon II, III dan IV di jajaran kementeriannya, Jumat (29/11).  Meskipun sebelumnya Presiden Joko Widodo menyatakan akan memangkas dua.
  • Kamis, 21 November 2019 - 07:42:53 WIB

    Begini Kritikan Keras Faisal Basri untuk Luhut Panjaitan

    Begini Kritikan Keras Faisal Basri untuk Luhut Panjaitan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo pada periode kedua merombak cukup signifikan formasi kabinet. Banyak posisi wakil menteri hingga muncul tugas khusus bagi salah satu menteri koordinator..
  • Jumat, 08 November 2019 - 15:54:31 WIB

    Minta Rp 9,7 T untuk BPJS Kesehatan, Terawan Surati Sri Mulyani

    Minta Rp 9,7 T untuk BPJS Kesehatan, Terawan Surati Sri Mulyani JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Upaya menutupi defisit anggaran BPJS Kesehatan sedang berjalan. Salah satunya dilakukan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto..
  • Jumat, 08 November 2019 - 11:16:06 WIB

    Mantap! Sri Mulyani Dapat Penghargaan Internasional Lagi

    Mantap! Sri Mulyani Dapat Penghargaan Internasional Lagi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati kembali mendapat penghargaan kelas internasional. Kali ini ia mendapat Penghargaan di Asian Business Leadership Forum (ABLF) Awards 2019 untuk katego.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM