Alek Pacu Jawi Nagari Basa Dibuka, Wahyu Iramana Putra: Harus Ada Arena Permanen


Sabtu, 16 November 2019 - 20:14:45 WIB
Alek Pacu Jawi Nagari Basa Dibuka, Wahyu Iramana Putra: Harus Ada Arena Permanen WAHYU Iramana Putra berdialog dengan turis penggar pacu jawi dari Malaysia. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Alek pacu jawi Nagari Batu Basa di Jorong Kotobaru Kecamatan Pariangan dibuka dan akan berlangsung seminggu kedepan. Saat pembukaan kali ini hadir bakal calon bupati Tanah Datar Wahyu Iramana Putra Malin Pangeran. Ia juga mensponsori alek anak nagari pacu jawi itu.

Wahyu Iramana Putra saat itu mengapresiasi antusias masyarakat meramaikan alek empat kecamatan dan ketangkasan panitia penyelenggara karena pacu jawi di sana sudah cukup lama tidak digelar.

"Kita bangga pada masyarakat Nagari Batu Basa yang bersatu menggelar iven ini, alek ini sangat menarik dan sumber ekonomi masyarakat, perlu kita dirikan arena permanen pacu jawi ini yang refresentatif agar pegunjung lebih nyaman, ini juga banyak digemari turis mancanegara," kata Wahyu IP putra Kecamatan Pariangan itu, Sabtu (16/11).

Dikatakan, dengan pacu jawi itu orang luar akan ramai mengunjungi, dan ia berjanji akan sponsori alek pacu jawi di empat kecamatan itu agar lebih meriah dan lebih maju kedepannya," kata Wahyu di hadapan tokoh masyarakat, niniak-mamak setempat serta para penggemar pacu jawi.

Wahyu berharap, agar lebih menarik dan makin ramai dikunjungi wisatawan, ia berinisiatif akan melaksanakan kompetisi pacu jawi itu antar kecamatan.

"Nanti sapi pemenang di tingkat nagari ini, dipertandingkan tingkat kecamatan, kemudian dicari yang terbaik di empat kecamatan ini," katanya.

Wabup Zuldafri Darma saat membuka agenda itu, didampingi Kabid Olahraga Jimmy, menyebutkan pacu jawi saat ini semakin diminati dan pelaksanaannya makin meningkat serta makin ramai pengunjung termasuk wisman dari luar negeri.

"Pemda selalu mendukung agenda pacu jawi ini, pacu jawi juga sudah masuk kalender wisata kita dan sangat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," ujar wabup. (h/fma)

 

 

Reporter : Feri Maulana /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 29 Maret 2020 - 13:53:35 WIB

    Imbauan Social Distancing, Polisi di Pasaman Bubarkan Acara Baralek

    Imbauan Social Distancing, Polisi di Pasaman Bubarkan Acara Baralek PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Cegah penyebarluasan Virus corona (Covid-19) di tengah masyarakat, Kepolisian Sektor (Polsek) Bonjol, Kabupaten Pasaman membubarkan sejumlah pesta pernikahan warga. Kapolsek Bonjol, Iptu Yeeni Bra.
  • Rabu, 15 Januari 2020 - 17:09:19 WIB

    Jadi Tamu Kehormatan PORBI Padang Pariaman, Mahyeldi Resmikan Alek Baburu

    Jadi Tamu Kehormatan PORBI Padang Pariaman, Mahyeldi Resmikan Alek Baburu PADANGPARIAMA,HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Forum Bela Negara Sumatera Barat didapuk sebagai tamu kehormatan dalam prosesi melepas Alek Buru Babi..
  • Selasa, 07 Januari 2020 - 16:31:19 WIB

    Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam

    Baralek Gadang Putri ke-5 Gubernur Sumbar, Digelar 3 Hari 3 Malam Gubernur Sumbar, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, M.Sc Datuak Rajo Bandaro Basa menggelar pesta pernikahan untuk anaknya, Atika, SE, M. Mgt (HR). Putri ke-5 Irwan Prayitno-Hj. Nevi Zuairina itu resmi menikah dengan Naufal Mu.
  • Ahad, 21 April 2019 - 17:21:01 WIB

    Wako Bukitinggi Hadiri Alek Nagari di Pintu Kabun

    Wako Bukitinggi Hadiri Alek Nagari di Pintu Kabun BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, menghadiri kegiatan alek nagari khatam Alquran ke-75 MDTA Nurul Huda Panganak Kelurahan Puhun Pintu Kabun, dan Khatam Alquran ke-9 TPQ Irsyaddunnaas Kab.
  • Selasa, 04 Oktober 2016 - 01:09:50 WIB

    Lengayang Baralek Gadang, Ribuan Warga Meriahkan Tahun Baru Islam

    Lengayang Baralek Gadang, Ribuan Warga Meriahkan Tahun Baru Islam PAINAN, HALUAN — Ribuan warga Ke­camatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1438 H di Lapangan Hijau Telaga Hara­pan Kambang Barat Minggu (2/10). Penyam­butan tahun baru tersebut diisi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM