Polda Metro Jaya Konfirmasi Pelaporan terhadap Sukmawati


Sabtu, 16 November 2019 - 22:28:02 WIB
Polda Metro Jaya Konfirmasi Pelaporan terhadap Sukmawati Sukmawati Soekarnoputri

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengonfirmasi laporan yang diajukan Koordinator Bela Islam (Korlabi) terhadap Sukmawati Soekarnoputri.

Argo mengatakan laporan tersebut bernomor LP/7393/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimum yang diterima pada 15 November 2019. Pihak pelapor menyebut Sukmawati membuat pernyataan yang dianggap menistakan agama.
"Terlapor menyebutkan soal sosok ayahnya selaku mantan Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno lebih berjasa daripada Nabi Muhammad Saw pada awal abad ke-20," kata Ago dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com, Sabtu (16/11).
Argo mengatakan pelapor melihat langsung lewat media sosial bahwa Sukmawati memberikan pernyataan tersebut dalam diskusi bertajuk 'Bangkitkan Nasionalisme Bersama Kita Tangkal Radikalisme dan Berantas Terorisme'.

Ia mengatakan Sukmawati disangkakan melanggar pasal 156a KUHP tentang tindak pidana penistaan agama.

"Pelapor sebagai umat Islam menerangkan pada tanggal 14 November 2019 sekitar pukul 16.00 WIB korban mendapat informasi dari kerabat dan melihat langsung dari Google.com," kata Argo.
Sebelumnya, Simpatisan Koordinator Bela Islam (Korlabi) melaporkan Sukmawati ke Polda Metro Jaya karena membuat pernyataan yang membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad.

"Benar (Sukmawati dilaporkan)," kata Sekretaris Jenderal Korlabi, Novel Bamukmin, kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (16/11).

Di sisi lain, Sukmawati tak ambil pusing dengan pihak yang melaporkan dirinya, terkait pernyataan yang dianggap membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad.

"Ya boleh aja, mau lapor silakan," ujar Sukmawati.

Sukmawati mengklarifikasi pernyataannya yang menjadi kontroversi karena dianggap membandingkan Sukarno dengan Nabi Muhammad SAW. Dia menyebut video yang tersebar di media sosial telah diedit, bukan sepenuhnya seperti yang dia sampaikan.

Dalam potongan video yang dimaksud, Sukmawati berkata, "Mana lebih bagus Pancasila atau Alquran? Sekarang saya mau tanya nih semua. Yang berjuang di Abad 20, itu nabi yang mulia Muhammad apa Ir. Sukarno untuk kemerdekaan?".

Video editan tersebut kemudian menjadi pemberitaan di sejumlah media yang menyebut Sukmawati membandingkan jasa Sukarno dan Nabi Muhammad.

"Saya tidak membandingkan, dan tidak ada kata jasa," ucap Sukmawati, kepada CNNIndonesia.com lewat sambungan telepon pada Sabtu (16/11).(*)
 

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:11:51 WIB

    Polda Sumbar Bekuk Pengedar Sabu Seberat Hampir 1 Kilogram

    Polda Sumbar Bekuk Pengedar Sabu Seberat Hampir 1 Kilogram HARIANHALUAN.COM - Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar membekuk seorang tersangka pengedar narkotika jenis sabu seberat 998,69 gram. Tersangka berinisial YS (41) berprofesi sebagai supir, dibekuk di sebuah SPBU Jorong Par.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:17:59 WIB

    Tim Resmob Polda Sumbar Bongkar Sindikat Curanmor di Padang

    Tim Resmob Polda Sumbar Bongkar Sindikat Curanmor di Padang HARIANHALUAN.COM – Sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dibongkar oleh Tim Resmob Satbrimob Polda Sumbar. Dibawah pimpinan AKP Dwi Purwanto, tersangka ditangkap dengan dua kendaraan hasil curiannya yang TKP-nya .
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 19:14:07 WIB

    Kasus Sabu, Catherine Wilson Jalani Pemeriksaan di Polda Metro

    Kasus Sabu, Catherine Wilson Jalani Pemeriksaan di Polda Metro HARIANHALUAN.COM - Model Catherine Wilson diperiksa di Kepolisian Daerah Metro Jaya terkait dua paket narkoba yang diduga berjenis sabu sore ini, Jumat, 17 Juli 2020. Temuan ini bermula ketika polisi mendapat laporan masyarak.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 18:24:42 WIB

    Ungkap Akun Palsu Penyebar Hoax, Polda Sumbar Banjir Pujian

    Ungkap Akun Palsu Penyebar Hoax, Polda Sumbar Banjir Pujian HARIANHALUAN.COM - Terungkapnya akun palsu penyebar hoax atau berita bohong Maryanto oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) membuat masyarakat dan tokoh-tokoh Kabupaten Agam merasa lega. Atas kinerja pihak kepo.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 18:32:55 WIB

    Kasus Pencemaran Nama Baik terhadap Mulyadi, Tiga Orang Diamankan Polda Sumbar

    Kasus Pencemaran Nama Baik terhadap Mulyadi, Tiga Orang Diamankan Polda Sumbar HARIANHALUAN.COM - Masih ingat dengan kasus pencemaran nama baik terhadap salah seorang senator asal Sumbar yang dilakukan oleh akun media sosial di Agam? Polda Sumbar berhasil mengamankan tiga orang yang diduga terlibat dala.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]