MUI Setuju Kursus Pranikah, Tidak Setuju Sertifikasi Nikah


Ahad, 17 November 2019 - 08:51:43 WIB
MUI Setuju Kursus Pranikah, Tidak Setuju Sertifikasi Nikah Ustadz Cholil Nafis

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Majelis Ulama Indonesia (MUI)  setuju adanya kursus pranikah agar tak ada lagi pasangan yang menikah tanpa bekal yang cukup.Namun jangan jadi hambatan pasangan yang mau menikah.

"Ya setuju mau diterapkan tahun ini, saya setuju, karena memang banyak angka perceraian dan banyak juga orang masuk di kehidupan keluarga, pernikahan, tanpa bekal yang cukup," kata Ketua Komisi Dakwah MUI Cholil Nafis kepada wartawan, Minggu (17/11/2019).


Namun, Cholil mengatakan kursus pranikah itu tidak dijadikan syarat seseorang boleh menikah. 

Terkait pelaksanaannya, kursus pranikah itu menurut Cholil boleh saja diterapkan mulai tahun ini.

"Sehingga ini adalah pembekalan, tapi jangan sampai menjadi syarat bolehnya orang menikah. Diterapkan jangankan tahun depan, tahun sekarang juga nggak apa-apa. Malah saya setuju dari tahun sekarang, karena memang perlu diberi bekal," ujarnya.

Menurut Cholil, pembekalan itu diperlukan karena nasihat perkawinan tidak cukup hanya disampaikan saat akad nikah. Namun demikian, Cholil mengingatkan agar kursus pranikah dan sertifikasi itu tidak menghambat orang yang menikah. 


"Tak cukup hanya nasihat perkawinan pada saat akad nikah, mungkin tidak begitu konsentrasi, tidak begitu cukup waktu, sehingga itu hanya seremonial saja, maka diperlukan diberi pemahaman. Tapi jangan sampai menghambat dan menunda pernikahan gara-gara ada sertifikasi itu," ucap Cholil.

"Bahkan barangkali bagi orang yang punya niat, meskipun belum ada calonnya, silakan dilakukan pembekalan, bukan sertifikasi, kepada catin (calon pengantin) itu," imbuhnya.(dtc)


 Sumber : Detik.Com /  Editor : Dodi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 05 Desember 2019 - 11:43:46 WIB

    UAS Cerai dengan Istri, MUI Imbau Warga Hormati Privasi

    UAS Cerai dengan Istri, MUI Imbau Warga Hormati Privasi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau masyarakat menghormati ranah privasi ustaz Abdul Somad (UAS) yang baru saja menceraikan istrinya. MUI mengatakan setiap orang mempunyai dunianya sendiri..
  • Ahad, 01 Desember 2019 - 08:02:33 WIB

    Sekjen MUI Bingung Gara-gara Menag, Kok Bisa?

    Sekjen MUI Bingung Gara-gara Menag, Kok Bisa? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agama Fachrul Razi menerbitkan Peraturan Menag (Permenag) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Majelis Taklim. Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, merasa bingung dengan langkah-langka.
  • Rabu, 27 November 2019 - 13:00:22 WIB

    Sertifikasi Dai, MUI-Menag Disebut Ada Misi Terselubung

    Sertifikasi Dai, MUI-Menag Disebut Ada Misi Terselubung JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) menuding Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi punya misi terselubung dalam program standarisasi dai yang telah digelar dua kali sela.
  • Rabu, 27 November 2019 - 11:33:30 WIB

    Sertifikasi Dai, PA 212 Sebut MUI-Menag Ada Misi Terselubung

    Sertifikasi Dai, PA 212 Sebut MUI-Menag Ada Misi Terselubung JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) menuding Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi punya misi terselubung dalam program standarisasi dai yang telah digelar dua kali sela.
  • Selasa, 26 November 2019 - 13:42:55 WIB

    MUI: Rencana Laporkan Sukmawati Sesuai Arahan Ma'ruf Amin

    MUI: Rencana Laporkan Sukmawati Sesuai Arahan Ma'ruf Amin JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia Pusat (MUI) Muhammad Cholil Nafis tak mempersoalkan soal rencana pengurus MUI DKI Jakarta melaporkan Sukmawati Soekarnoputri .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM