Cara Atasi Ponsel yang 'Lemot'


Ahad, 17 November 2019 - 11:30:19 WIB
Cara Atasi Ponsel yang 'Lemot' Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemilik ponsel kerap kesal ketika mendapati gawainya lelet atau lemot ketika dioperasikan. Gejala 'lag' kerap ditemui pada ponsel dan sangat menjengkelkan terlebih saat dibutuhkan respons cepat.

Ponsel lemot memang tidak bisa dihindari imbas menumpuknya aplikasi di dalam ponsel. Selain itu, banyaknya foto dan video juga pemicu smartphone menjadi lemot.

Ini cara menjaga 'kegesitan' ponsel saat digunakan.

1. Hapus Aplikasi Berjalan di Background

Banyaknya aplikasi yang tersimpan semakin membebani kerja RAM. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut akan menyebabkan ruang RAM terpakai dan praktis membuat ponsel melambat.

Kita bisa mencari tahu aplikasi yang paling memakan baterai dan memori di Setting > Device Care > Battery

Di situ bisa diketahui aplikasi yang sedang berjalan dan aplikasi apa yang paling banyak memakan baterai. Selain itu kita harus sering-sering juga menutup seluruh aplikasi yang berjalan di bagian multi-task. Jangan sampai membuka terlalu banyak aplikasi, padahal ada aplikasi yang sudah tidak digunakan.

2. Gunakan Aplikasi Versi 'Lite'

Berkembangnya teknologi membuat semakin mutakhir pula sebuah sistem operasi (OS) dan aplikasi. Sayangnya kecanggihan itu akan semakin membutuhkan RAM dan ROM yang semakin besar. Oleh karena itu, ponsel akan semakin lambat karena aplikasi dan OS (sistem operasi) semakin membutuhkan memori dan aplikasi yang lebih besar.

Apabila ponsel memang semakin lambat, disarankan menggunakan versi 'lite' yang cenderung lebih ringan. Aplikasi itu seperti YouTube Go, Twitter Lite, Skype Lite atau Facebook Lite.

3. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Semakin lama menggunakan ponsel, tentu semakin banyak pula aplikasi yang tersimpan di ponsel. Semakin kecil ruang penyimpanan, semakin lemot pula OS. Untuk menghindari hal tersebut kita harus rajin menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan.

Selain itu, juga harus menghapus foto dan video lama secara berkala. Sebab video dan foto juga cukup memakan ruang kapasitas penyimpanan. Alternatif lainnya, bisa menggunakan memori eksternal atau memindahkan foto dan video ke komputer.

Cara lain untuk membebaskan ruang penyimpanan adalah dengan membersihkan cache untuk membebaskan ruang penyimpanan di Android. Akan tetapi, harus rajin membersihkan cache secara harian di ponsel karena memang cache tidak dapat dihindari. Bisa mengunduh berbagai aplikasi untuk membersihkan cache ini. (*)


 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 14:48:14 WIB

    Selama 2019, Jokowi dan Prabowo Jadi Tokoh Paling Dibicarakan di Twitter

    Selama 2019, Jokowi dan Prabowo Jadi Tokoh Paling Dibicarakan di Twitter TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Akun resmi Twitter Indonesia (@TwitterID) baru saja merilis deretan akun Indonesia yang paling banyak dibicarakan di Twitter. Dalam 10 akun Indonesia teratas, Jokowi dan Prabowo meraih posisi puncak.
  • Selasa, 03 Desember 2019 - 11:30:53 WIB

    Diblokir Mantan di WhatsApp? Ini Lima Cara Mengetahuinya

    Diblokir Mantan di WhatsApp? Ini Lima Cara Mengetahuinya TEKNO, HARIANHALUAN.COM -- Putusnya hubungan percintaan terkadang memutus hubungan komunikasi. Hal ini jelas mempersulit kamu yang ingin balikan dengan mantan. .
  • Kamis, 28 November 2019 - 08:05:46 WIB

    Ponsel Anda Hilang? Begini Cara Melacaknya

    Ponsel Anda Hilang? Begini Cara Melacaknya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kehilangan ponsel akan sangat menghambat kegiatan sehari-hari. Seluruh data personal seperti pesan singkat, kontak, foto, media sosial, bahkan akun perbankan tersimpan di dalamnya. Jika jatuh ke ta.
  • Sabtu, 09 November 2019 - 17:06:33 WIB

    Heboh Kamera di Toilet Mahasiswi Makassar, Ini Cara Deteksinya

    Heboh Kamera di Toilet Mahasiswi Makassar, Ini Cara Deteksinya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ada temuan kamera di toilet mahasiswi di salah satu kampus di Makassar, Sulsel, dan kini kasusnya ditangani polisi. Nah buat kamu yang merasa khawatir mengalami hal serupa, ini tipsnya..
  • Rabu, 06 November 2019 - 14:07:25 WIB

    Begini Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Web

    Begini Cara Aktifkan 'Dark Mode' di WhatsApp Web TEKNOLOGI, HARIANHALUAN.COM - WhatsApp terus melakukan improvisasi guna kenyamanan para penggunanya. Kabar terbaru kini pengguna sudah bisa menikmati mode gelap WhatsApp Web, di tengah pertanyaan kapan kehadiran mode gelap al.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM