Pakai TPS, Pemilihan Ketua Pemuda Padang Sibusuk Malah Berasa Pilkada


Ahad, 17 November 2019 - 18:53:48 WIB
Pakai TPS, Pemilihan Ketua Pemuda Padang Sibusuk Malah Berasa Pilkada SUASANA Proses Pemilihan Ketua Pemuda Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan di salah satu TPS (Tempat Pemungutan Suara), Sabtu (16/11). OGI

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Pemilihan Ketua Pemuda Kenagarian Padang Sibusuk Kecamatan Kupitan, Sabtu (16/11) kemarin berasa seperti pencoblosan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pilpres pada umumnya. Hal tersebut  merupakan suatu proses demokrasi yang saat ini mulai diterapkan di Kenagarian Padang Sibusuk dibawak kepemimpinan Wali Nagari yang Baru Aprizaldi.

Wali Nagari Padang Sibusuk Aprizaldi didampingi Ketua Panitia Pemilhan Ketua Pemuda Padang Sibusuk Alfandri  mengatakan bahwa untuk menciptakan suasana yang baru dalam pemilihan ketua pemuda tersebut idenya merupakan dari suara warga setempat juga yang menyampaikan aspirasi agar dalam pencoblosan ketua pemuda tersebut dilakukan seperti pemilihan Wali Nagari atau Pemilu demi menciptakan suasana demokrasi dan kebersamaan antar warga.

"Iya ini adalah dari aspirasi warga masyarakat kita juga, jadi kita pengen pemilihan Ketua Pemuda kita saat ini ada suasana yang baru, suasana dalam Demokrasi dan kebersamaan intinya  begitu," ujarnya kepada wartawan, Minggu (17/11).

Menurutnya, dari proses demokrasi dan kebersamaan  itu pula, pihaknya berharap setelah terpilihnya ketua pemuda Nagari Padang Sibusuk nantinya dapat  membawa Nagari kedepan menjadi lebih baik lagi. Makanya, prosesnya lebih kurang sama dengan pelaksanaan pemilu seperti Pilpres dan Pileg pada April 2019 kemarin.

"Nagari Padang Sibusuk mempunyai lima Jorong, dimana masing masing Jorong mengutus satu orang perewkilannya sebagai kandidat Ketua Pemuda. Intinya dari seluruh warga mengharapkan siapa pun terpilih dari kandidat yang ada  mudah mudahan bisa membawa Nagari Padang Sibusuk ini kedepan akan lebih baik," jelasnya.

Dalam Pemilu Ketua Pemuda ini, Ketua Panitia Alfandri menambahan ada lima orang yang dicalonkan sebagai Ketua Pemuda yaitu Alfian, Apri Arianto, Eka Hendra, Fauzan Hamid dan Syafriyaldi. Kelima pemuda tersebut merupakan calon - calon terbaik, terbukti dengan partisipasi aktif mereka dalam setiap kegiatan dan upaya memajukan lingkungan sekitarnya.

“Pemilihan Umum Ketua Pemuda ini berlangsung dengan lancar dan disambut antusias oleh para warga. Secara bergantian mereka mendatangi TPS untuk mendaftar dan melakukan pemilihan dengan memberikan hak suara mereka,” tambah Alfandri.

Menurutnya, setelah waktu pencoblosan selesai, para panitia langsung melakukan penghitungan suara dan hasilnya dari lima TPS di Nagari Padang Sibusuk menentukan bahwa Calon Ketua Pemuda bernama Fauzan Hamid menang mutlak dengan hasil suara sebanyak 281 suara dari 917 suara warga masyarakat yang datang ke TPS melakukan pemilihan.

“Dengan demikian, Saudara Fauzan Hamid akan mengemban amanah sebagai Ketua Pemuda Periode berikutnya. Dengan penerapan demokrasi sederhana seperti ini, diharapkan para generasi muda bisa belajar tentang Demokrasi dan Kepemimpinan sejak dini. Sehingga mereka bisa memiliki lebih banyak pengalaman dan siap untuk menjadi Pemimpin yang lebih besar di masa yang akan datang,” terangnya. (h/ogi) 

loading...
Reporter : Ogi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]