Seperti Apa Desain Baru Istana Negara? Ini Bocorannya...


Selasa, 19 November 2019 - 11:52:02 WIB
Seperti Apa Desain Baru Istana Negara? Ini Bocorannya... Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa menyebutkan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan desain istana negara di lokasi ibu kota negara (IKN) yang baru, lebih bernuansa Nusantara. Artinya, keberadaan istana kepresidenan di Kalimantan Timur nanti merupakan perwujudan budaya Indonesia yang beragam.

"Presiden ingin bentuk istananya khas Indonesia. Kalau ini (Istana Negara Jakarta), peninggalan kolonial. Barok-rokoko (periode seni abad-18) ada di sini. Nanti mungkin khas Indonesia akan beda," ujar Suharso usai bertemu Presiden Jokowi, Senin (18/11).

Tak hanya soal istana yang 'lebih Indonesia', Suharso juga menyebutkan bahwa desain menyeluruh IKN baru akan menghadirkan smart city yang adaptif terhadap perubahan dunia. Penataan ibu kota baru juga sejalan dengan penataan Teluk Balikpapan dengan mempertahankan nilai ekologi yang sudah ada.

Sebelumnya, Jokowi sempat mengungkapkan bahwa sebanyak 755 desain ibu kota negara (IKN) dari 755 tim siap mengikuti kompetisi desain IKN baru yang nantinya akan dibangun di Kalimantan Timur. Jokowi menyampaikan, akhir November 2019 ini akan dipilih tiga gagasan makro yang akan dikerucutkan lagi menjadi sebuah desain rinci IKN baru di Kabupaten Penajam Passer Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim.

"Ini sekarang masih pada proses lomba. Setelah itu akan diolah lagi, akan lebih didetailkan dalam bentuk yang lebih, karena ini gagasan makro, akan dikecilkan jadi gagasan mikronya," kata Jokowi usai membuka Pameran Konstruksi Indonesia di JiExpo Kemayoran, Rabu (6/11).

Dalam paparannya, Jokowi juga menyebutkan bahwa IKN di Kaltim nanti akan dibagi-bagi ke dalam beberapa cluster atau gugus fungsi. Selain cluster pemerintahan, IKN di Samboja dan Sepaku nanti akan dilengkapi cluster teknologi dan inovasi (mengadopsi Silicon Valley di AS), cluster pendidikan, cluster kesehatan, hingga cluster wisata.(*)


 Sumber : Republika /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 November 2019 - 11:49:19 WIB

    Mendagri Tito Sentil Anies, Sebut Jakarta Seperti Kampung

    Mendagri Tito Sentil Anies, Sebut Jakarta Seperti Kampung JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyentil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait penataan kota Jakarta yang semrawut. Tito bahkan menyebut Jakarta seperti kampung jika dibanding.
  • Jumat, 01 November 2019 - 17:44:25 WIB

    Penampakan STNK Seperti Kartu ATM yang Berlaku 2021

    Penampakan STNK Seperti Kartu ATM yang Berlaku 2021 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri melakukan inovasi dengan mengubah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kertas ke kartu. Rencana ini masih dimatangkan dan dibicarakan oleh stakeholders terkai.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 02:20:30 WIB

    Kemenpan RB Akan Contohkan Pemangkasan Eselon, Seperti Apa Sih?

    Kemenpan RB Akan Contohkan Pemangkasan Eselon, Seperti Apa Sih? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengaku ingin menjadi pelopor sekaligus contoh dari pemangkasan eselon di kementerian..
  • Senin, 22 Juli 2019 - 21:24:48 WIB

    Semakin Berprestasi, Anies Baswedan Semakin Dicaci, Senator DKI: Seperti Sebuah 'Operasi'

    Semakin Berprestasi, Anies Baswedan Semakin Dicaci, Senator DKI: Seperti Sebuah 'Operasi' JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan, akhir-akhir ini, seiring rentetan penghargaan dan prestasi yang diraih Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, ‘.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 12:36:43 WIB

    MK Putuskan Sengketa Pilpres, Jokowi Kerja Seperti Biasa

    MK Putuskan Sengketa Pilpres, Jokowi Kerja Seperti Biasa JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Presiden Joko Widodo tetap melakukan aktivitas kerja seperti biasa di Istana Negara, Jakarta sejak pagi tadi, Kamis (27/6). Diketahui hari ini Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan PH.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM