KPK Cegah Bupati Solok Selatan ke Luar Negeri


Selasa, 19 November 2019 - 13:43:53 WIB
KPK Cegah Bupati Solok Selatan ke Luar Negeri Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria berjalan keluar seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (5/9/2019). (foto Aprilio Akbar)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah ke luar negeri terhadap dua tersangka kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Dua tersangka itu, yakni Bupati Solok Selatan 2016-2021 Muzni Zakaria (MZ) dan pemilik grup Dempo/PT Dempo Bangun Bersama (DBD) Muhammad Yamin Kahar (MYK).

"KPK mengirimkan surat ke imigrasi tentang pelarangan ke luar negeri terhadap dua orang tersangka dalam kasus suap terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Solok Selatan, yaitu MZ, Bupati Solok Selatan dan MYK, swasta," ucap Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Selasa (19/11).

Pencegahan terhadap keduanya dilakukan selama 6 bulan ke depan terhitung sejak 8 November 2019. KPK pada 7 Mei 2019 telah menetapkan Muzni dan Kahar sebagai tersangka. Namun, keduanya belum ditahan oleh KPK sampai saat ini.

Muzni selaku Bupati Solok Selatan diduga menerima hadiah atau janji dalam bentuk uang atau barang senilai total Rp460 juta dari pemilik grup Dempo/PT Dempo Bangun Bersama (DBD) Muhammad Yamin Kahar terkait dengan pengadaan barang dan jasa pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pertanahan (PUTRP) Kabupaten Solok Selatan tahun 2018.

Terhadap Muzni disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 atau Pasal 12 B UU No. 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 tentang pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Sedangkan terhadap Muhammad Yamin Kahar disangkakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a atau b atau Pasal 13 UU No. 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tipikor juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.(*)

loading...
 Sumber : Republika /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 19:24:14 WIB

    Pelanggaran Etik Ketua KPK Segera Diungkap

    Pelanggaran Etik Ketua KPK Segera Diungkap HARIANHALUAN.COM - Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Dewas KPK) akan segera merampungkan proses pemeriksaan terkait dugaan pelanggaran etik Ketua KPK Firli Bahuri karena menggunakan helikopter mewah saat berada di .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 15:56:35 WIB

    Perluas Jangkauan Kampanye Antikorupsi, KPK Gandeng Damri

    Perluas Jangkauan Kampanye Antikorupsi, KPK Gandeng Damri HARIANHALUAN.COM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Perusahaan Umum (Perum) Damri menyepakati untuk melakukan kegiatan pendidikan dan kampanye antikorupsi secara bersama-sama sesuai dengan tugas dan kewenangan masing-ma.
  • Senin, 27 Juli 2020 - 13:17:54 WIB

    Ketua KPK Sebut Korupsi Masuk Kategori Melanggar HAM

    Ketua KPK Sebut Korupsi Masuk Kategori Melanggar HAM HARIANHALUAN.COM - Ketua KPK Firli Bahuri menyebut, korupsi masuk dalam kategori kejahatan yang melanggar hak asasi manusia (HAM). Sebab, tindakan tersebut bisa membuat tujuan pembangunan negara gagal. Oleh karena itu, salah .
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 22:39:13 WIB

    Jika Ada Pejabat Diduga Terima Suap di Kasus Djoko Tjandra, KPK Siap Usut

    Jika Ada Pejabat Diduga Terima Suap di Kasus Djoko Tjandra, KPK Siap Usut HARIANHALUAN.COM - Jika ditemukan indikasi perbuatan suap dalam pelarian buron kasus hak tagih (cessie) Bank Bali, Joko Soegiarto Tjandra atau Djoko Tjandra, maka KPK menyatakan siap ikut terlibat dan akan mengambil tindakan..
  • Rabu, 22 Juli 2020 - 20:29:17 WIB

    Tingkat Kepercayaan Terhadap KPK Turun, Ini Penyebabnya Versi ICW

    Tingkat Kepercayaan Terhadap KPK Turun, Ini Penyebabnya Versi ICW HARIANHALUAN.COM - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19. Dalam hasil survei tersebut menyebut kepercayaan publik terhadap K.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]