Dibantu Pemkab Dharmasraya, Suku Piliang Datuak Paduko Rajo Lelo Bangun Rumah Gadang


Selasa, 19 November 2019 - 16:29:11 WIB
Dibantu Pemkab Dharmasraya, Suku Piliang Datuak Paduko Rajo Lelo Bangun Rumah Gadang Bupati Sutan Riska bersama warga

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Suku Piliang Datuak Paduko Rajo Lelo telah bertahun-tahun tak memiliki rumah gadang, semenjak rumah gadang yang ada lapuak lantaran faktor usia. Kabar ini segera disampaikan kepada Bupati Sutan Riska oleh Walinagari Tabiang Tinggi, Seprianedi, S.Kom. Saat itu, Seprianedi berharap pemkab dapat membantu biaya pembangunan kembali rumah gadang yang sudah dimakan usia.

"Tonggak masih ada pak, dan mereka simpan. Kalau ada sedikit bantuan, maka kaum akan berswadaya agar kembali punya rumah gadang," kata Seprianedi kepada Bupati Sutan Riska di rumah dinasnya kala itu. Dan di luar dugaan, bupati muda yang juga rajo Koto Besar itu tidak perlu pikir panjang dan langsung memberi persetujuan. "Pak wali buat proposal dan ajukan melalui BKD. Insyaalah nanti saya acc," kata bupati pemegang satyalencana pembangunan dari presiden ini.

Kabar kesediaan bupati untuk membantu dana bagi pembangunan runah gadang suku Piliang Dt. Paduko Rajo Lelo, Nagari Tabiang Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung begitu cepat tersiar. Kaum Piliang langsung menggelar musyawarah dan menyusun perencanaan. Penggalangan dana juga dilakukan dalam kaum. "Rupanya semangat masyarakat terbudur. Itulah yang terjadi," kata Camat Pulau Punjung Lasmita, SKM., M.Kes.

Meski bantuan pemerintah nilainya hanya Rp 50 juta, namun semangat masyarakat untuk berswadaya sangat tinggi, maka rumah gadang ukuran 6 x 15 m kini sudah hampir rampung. Dinding kayu terlihat baru, atap seng warna coklat juga baru. Hanya tiang saja yang terlihat kayu lama. Menurut Walinagari Seprianedi, kondisi penyelesaian bangunan sudah mencapai 90 persen lebih.

Jika dihitung, nilai swadaya sangat tinggi. Namun swadaya yang tinggi itu berkat adanya dana stimulan dari Bupati Sutan Riska. Jadi program pemberian dana stimulan dari bupati untuk membenahi rumah gadang sangat tepat dan mampu menggerakkan swadaya masyarakat. "Kami benar-benar terbantu," imbuh satu-satunya camat perempuan di Dharmasraya ini.

Pemkab Dharmasraya dengan visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Dharmasraya yang maju dan berbudaya, belakangan memang konsern dengan sektor kebudayaan. Pelaksanaan Festival Pamalayu merupakan bukti nyata,  bahwa Pemkab Dharmasraya serius dengan pembangunan kebudayaan. Bantuan untuk rumah gadang juga memjadi bukti betapa besar perhatian Pemkab untuk pengembangan kebudayaan.

"Budaya kita ini unik dan sangat luhur. Bisa membentengi anak kemenakan kita dari pengaruh budaya asing,  bisa juga menjadi daya tarik wisata, bisa juga jadi penggerak ekonomi dan bisa juga untuk wadah mengekspresikan diri. Oleh karena itu, wajib bagi kita merawat dan memelihara serta mengembangkan kebudayaan kita. Apalagi di zaman disrupsi sekarang ini," terang Sutan Riska.(*)


 Sumber : rel /  Editor : NOVA


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 November 2019 - 19:14:36 WIB

    50 KK di Kota Pariaman Dibantu Paket Bahan Pangan

    50 KK di Kota Pariaman Dibantu Paket Bahan Pangan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Program Penanganan Daerah Rawan Pangan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, direalisasikan Jumat (22/11). Program berupa pemberian paket bahan pangan, untuk keluarga berbalita bergi.
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 14:42:24 WIB

    Delapan Keltan di Sawahlunto Dibantu Alsintan

    Delapan Keltan di Sawahlunto Dibantu Alsintan SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa Hand Tracktor, Cultivator, Hand Sparayer dan pompa air kepada 8 kelompok tani di Kecamatan Lembah Seg.
  • Senin, 30 September 2019 - 07:59:20 WIB

    Dibantu IBD Saudi Arabia, Sawahlunto Bangun 9 IPAL Komunal

    Dibantu IBD Saudi Arabia, Sawahlunto Bangun 9 IPAL Komunal SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Sedikitnya 9 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal, yang dibiayai Islamic Development Bank (IDB) dari Riyad Saudi Arabia, dalam proses pembangunan, di empat desa dan kelurahan, di Kota .
  • Selasa, 23 Juli 2019 - 13:36:45 WIB

    Perangkat Nagari Sungai Duo Dibantu Mahasiswa KKN Unand Goro Bersama

    Perangkat Nagari Sungai Duo Dibantu Mahasiswa KKN Unand Goro Bersama DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Perangkat Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, bersama Mahasiswa KKN Kampus Unand Padang, Selasa (23/7), menggelar gotong royong (goro) bersama di Jorong Harapan Maju di.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:25:36 WIB
    LKKS DAN BAZNAS PEDULI

    Puluhan Mustahiq Lumindai Dibantu

    Puluhan Mustahiq Lumindai Dibantu SAWAHLUNTO, HALUAN — Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Sumatera Barat menyerahkan bantuan modal pengembangan usaha bagi 25 mustahik Desa Lumindai K.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM